Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia

Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan erat dengan organ dan sistem pencernaan. Mekanisme makan dan pencernaan makanan itu sendiri merupakan anugerah dan kenikmatan yang diberikan kepada manusia.

makan pasta

Manusia sebagai makhluk hidup yang heterotroph harus menyediakan dan mencari sendiri makanannya untuk bertahan hidup. Seiring perkembangannya, makanan menjadi sangat beragam. Selain gizi yang diperlukan tubuh, rasa juga menjadi syarat utama yang mutlak diperlukan agar manusia bisa merasakan nikmatnya kebutuhan hidup mereka.

Fungsi Makanan, Proses Pencernaan Makanan, dan Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi makanan bagi manusia ada tiga. Fungsi pertama adalah sebagai sumber energy. Manusia tidak bisa bertahan tanpa makanan karena tidak bisa menghasilkan energinya sendiri. Untuk itu, diperlukan karbohidrat dan lemak dari makanan untuk menjadi sumber energy manusia.

Fungsi kedua adalah sebagai penyusun sel dan jaringan tubuh manusia. Manusia memiliki batas dalam regenerasi dan pertumbuhannya, itupun harus selalu diimbangi dengan makanan yang cukup, seimbang, dan bergizi. Tanpa makanan dan proses pencernaan makanan tersebut, maka tubuh manusia akan mengalami degenerasi dan akan menua dengan cepat.

proses pencernaan makanan

Fungsi berikutnya adalah sebagai nutrisi yang menjalankan peran biologis. Seperti yang diketahui, tubuh memproduksi berbagai macam zat dan melakukan berbagai macam gerakan untuk keberlangsungan hidupnya. Namun, tanpa makanan yang tubuh manusia tidak akan bergerak sama sekali.

Adalagi fungsi tambahan, yaitu untuk mempertahankan kekuatan tubuh. Misalkan pada gigi yang bertugas mengunyah makanan, jika terus menerus diberi makanan yang lembek maka fungsinya akan menurun. Ada baiknya memberi makanan yang keras atau liat sesekali agar gigi bisa terbiasa dengan berbagai macam tekstur.

proses pencernaan makanan

Selain gigi, masih banyak organ lain yang berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Masing-masing memiliki peran yang tdiak tergantikan. Dan ketika ada satu organ yang memiliki masalah, maka organ lain juga akan merasakannya. Bahkan sistem lain dalam tubuh juga akan terkena dampak sehingga organ pencernaan adalah organ yang paling harus dijaga. Organ pecernaan dan fungsinya dalam sistem pencernaan adalah sebagai berikut:

  1. Rongga Mulut

Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Lidah dapat mendeteksi rasa dan mengirimkannya pada otak. Dari informasi rasa tersebut akan diolah oleh otak dan memberi Anda pilihan rasa mana yang disukai dan mana rasa yang tidak disukai.

Selain itu, lidah juga berfungsi untuk mencampur dan mengatur makanan yang dikunyah di dalam mulut. Makanan dikunyah, dipotong, dan digigit oleh sekumpulan tulang dalam rongga mulut yang disebut gigi. Masing-masing gigi memiliki peran masing-masing.

proses pencernaan makanan

Selama diaduk dan diatur oleh lidah, dan dikunyah oleh gigi, pasti Anda akan merasakan cairan yang diproduksi dalam rongga mulut menjadi lebih banyak. Inilah proses penting dalam proses pencernaan makanan dalam rongga mulut, yaitu proses kimiawi oleh enzim.

Enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah adalah amylase. Terutama untuk karbohidrat yang dikunyah dalam rongga mulut akan diubah menjadi disakarida. Fungsi lainnya adalah untuk mematikan bakteri yang mungkin ada dalam makanan.

Kerongkongan

Kerongkongan atau esofagus merupakan saluran yang ada setelah rongga mulut. Saluran ini tidak hanya menyalurkan makanan dari rongga mulut ke organ berikutnya saja, karena ternyata di sinipun masih ada proses pencernaan makanan secara fisik. Dengan gerak peristaltic, kerongkongan masih “mengunyah” makanan sekaligus menyalurkannya ke organ berikutnya.

Lambung 

Selamat melewati kerongkongan, selanjutnya makanan akan mengalir ke lambung. Di sinilah proses pencernaan yang paling kuat berlangsung. Untuk berbagai makanan yang sulit dikunyah gigi dan hanya bisa ditelan melalui kerongkongan, maka akan dicerna secara menyeluruh oleh lambung. Dengan kapasitas 1-2 liter, lambung akan mencerna makanan secara mekanis dan kimiawi. Otot-otot lambung yang tersusun atas otot polos mencerna makanan dengan gerakan kontraksi terus menerus.

Selain proses mekanis, terdapat juga proses pencernaan makanan secara kimiawi yang mengandalkan zat-zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh. Salah satu yang paling dikenal adalah asam lambung atau HCl. Selain itu ada juga enzim lipase, renin, dan mucus yang akan mencerna protein serta zat makanan lain dan menjadikannya bubur di dalam lambung. Selanjutnya bubur ini akan dikirim ke organ selanjutnya.  

Usus Halus

Selesai melalui proses pencernaan makanan di lambung, selanjutnya akan ada proses lanjutan yang kemudian dilanjutkan dengan penyerapan zat-zat penting dalam makanan. Proses pencernaan yang terjadi dalam usus halus hanya proses kimiawi saja. Terdapat enzim-enzim yang dihasilkan di usus halus, serta enzim dari pancreas yang mencerna makanan sehingga zat dalam makanan terpecah menjadi zat yang lebih sederhana dan bisa diserap dengan mudah di usus besar.

Usus Besar

Usus besar atau kolon merupakan organ terakhir yang bertugas melakukan penyerapan lanjutan. Pada fase ini jugalah feses terbentuk. Makanan yang sudah diserap akan membusuk dan bergabung menjadi feses. Zat-zat yang berlebih yang tidak diperlukan oleh tubuh juga dibuang pada fase ini. Selanjutnya sisa-sisa pencernaan akan dikeluarkan melalui anus.

Keberadaan organ dan sistem pencernaan tersebut memungkinkan manusia untuk mencerna makanan. Masing-masing juga memiliki proses, dan proses tersebut saling terhubung dalam suatu proses yang disebut proses pencernaan makanan. Berikut adalah proses tersebut:

proses pencernaan makanan

anatomyofthefoot.com

  1. Makanan dikunyah oleh gigi dalam rongga mulut, karbohidrat diubah menjadi disakarida oleh enzim amylase.
  2. Makanan ditelan dan melalui kerongkongan. Kerongkongan akan melakukan gerak peristaltic untuk membantu makanan meluncur ke lambung.
  3. Di dalam lambung akan terjadi proses pencernaan makanan secara kimiawi dan mekanis. Proses kimiawi dalam lambung melibatkan enzim dan asam lambung. Makanan yang bernuansa asam kemudian diteruskan ke usus halus.
  4. Sesuai zat yang terkandung di dalamnya, enzim akan bekerja menurut fungsinya masing-masing. Karbohidrat dicerna oleh enzim amylase dan menjadi disakarida. Setelah menjadi disakarida akan diubah kembali menjadi monosakarida, dan akhirnya berubah menjadi glukosa. Glukosa inilah yang dijadikan energy dan cadangan energy bagi tubuh.  
  5. Makanan yang termasuk dalam protein akan dicerna menjadi pepton. Setelahnya, pepton akan dicerna oleh tiga enzim sekaligus yaitu tripsin, kimotripsin, dan erepsin menjadi asam amino. Asam amino inilah yang dialirkan ke seluruh tubuh.
  6. Untuk kelompok lemak, akan diemulasikan terlebih dahulu dengan cairan empedu. Selanjutnya enzim lipase akan mengubahnya menjadi asam lemak dan gliserol. Asam lemak dan gliserol inilah yang akan disimpan oleh tubuh menjadi cadangan energy dan untuk keperluan lainnya.
  7. Setelah diserap oleh usus halus, maka selanjutnya akan dilanjutkan ke usus besar. Di sini akan terjadi penyerapan terakhir dan pembentukan feses. Setelah feses yang terbentuk cukup, maka akan dikeluarkan melalui anus.

Itulah penjelasan singkat mengenai proses pencernaan makanan, fungsi makanan, dan sistem pencernaan pada tubuh manusia. Penjelasan yang detail bisa Anda dapat melalui berbagai sumber. Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi Anda semuanya.

Pencarian Terkait:

Tags: #gigi #makanan #manusia #mulut #pencernaan #tubuh

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Saluran pencernaan atau dalam nama ilmiah disebut

Comments are closed.

Must read×

Top