Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Perlu Dihidupkan Kembali

Dalam dunia pendidikan kita mengenal Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan indonesia. Mendikbud Anies Baswedan menyampaikan pentingnya menghidupkan kembali pemikiran beliau. 

Pada acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Tamansiswa, di Jakarta, Selasa (13/01/2015). Rakernas bertema “Introspeksi dan Revitalisasi Tamansiswa Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015” Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan berkata “Pemikiran Ki Hadjar sangat luar biasa. Kita perlu dorong dan hidupkan kembali pemikirannya dalam pengembangan pendidikan di Indonesia saat ini”.

Saat ini Indonesia,  kata Mendikbud, memasuki era global dan transisi. Pemuda Indonesia harus siap memasuki masa transisi dan era global. Tamansiswa memiliki peran penting. “Tamansiswa memiliki akar sejarah yang luar biasa.  Suntikkan (kembali) kreatifitas dan pemikiran cemerlang Ki Hadjar kepada para pemuda Indonesia,” kata Mendikbud.

Mendikbud mengajak persatuan Tamansiswa untuk bisa lebih terbuka bagi para kaum muda. Banyak kaum muda di pelosok Indonesia yang memiliki pemikiran dan kompetensi kelas dunia. “Izinkan pemuda Indonesia mendapatkan lebih besar manfaat dari Tamansiswa, dan tanamankan kembali semangat gotong royong kepada kaum muda,” ujar Mendikbud.

Mendikbud berharap, Tamansiswa dapat membantu membuka pemikiran para pemuda untuk dapat berpikir secara universal. “Indonesia adalah negara kesatuan, tetapi tidak boleh dilupakan bahwa Indonesia adalah bagian dari masyarakat dunia. Cintai bahasa nasional, bahasa daerah, dan pahami bahasa Internasional,” pungkas Mendikbud

sumber : kemendiknas

Pencarian Terkait:

Tags: #mendikbud #pendidikan #tamansiswa

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Leave a reply "Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Perlu Dihidupkan Kembali"

Must read×

Top