Penjelasan Lengkap Mengenai Organ Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan merupakan salah satu sistem dalam tubuh yang sangat penting. Karena sistem inilah yang menghasilkan energi untuk kemudian digunakan dalam proses kehidupan. Pada proses ini, masing-masing organ pernapasan manusia memiliki peranannya masing-masing dan saling terlibat satu sama lain. Sehingga jika ada salah satu organ bermasalah, maka akan berakibat dengan kesehatan manusia.

Dimana penumpukan bahan kimia berbahaya bisa menyebabkan kematian. Sistem pernapasan pada dasarnya adalah proses pertukaran gas. Tubuh memerlukan gas yang berasal dari lingkungan yakni oksigen untuk bisa bertahan hidup. Dengan tidak adanya sistem pernafasan, maka tidak ada cara agar elemen yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. Sistem ini juga berpengaruh terhadap pembuangan hasil metabolisme.

Struktur yang ada pada sistem pernapasan meliputi sejumlah komponen yang memiliki keterkaitan untuk bekerja sama agar proses pertukaran gas bisa berjalan lancar. Beberapa struktur yang menjadi dasar sistem pernapasan diantaranya adalah hidung, mulut, kemudian tenggorokan, lalu batang tenggorokan. Bagian-bagian tersebut terlibat dan memungkinkan oksigen yang ada di udara masuk dan mengalir bebas ke dalam paru-paru. Selain itu, silia, bronkial, lobus, dan lendir dan tabung pleura juga termasuk ke dalam struktur pernafasan.

Organ merupakan sekumpulan jaringan yang kemudian menyatu dan memiliki fungsi tertentu.  Sementara sekumpulan organ dengan fungsi tertentu akan menjadi satu kesatuan untuk membentuk sebuah sistem. Salah satu sistem dalam tubuh adalah sistem pernapasan. Dimana sistem ini juga memiliki sekumpulan organ yang memiliki fungsinya masing-masing. Oleh karena itu untuk mempermudah Anda lebih mengenal tentang sistem pernafasan, berikut ini adalah penjelasan mengenai organ pernapasan manusia dan fungsinya.

Berikut Organ Pernapasan Manusia

Hidung

Organ pernapasan manusia yang pertama adalah hidup. Seperti yang diketahui hidung berfungsi sebagai saluran pertama oksigen agar bisa masuk ke dalam paru-paru. Adanya bulu-bulu di dalam lubang hidung atau yang dikenal dengan sebutan silia berguna sebagai penyaring kotoran yang terbawa oleh udara luar. Tanpa ada bulu-bulu halus, bisa dibayangkan betapa kotornya udara yang akan masuk terhirup ke dalam paru-paru.

man-426985_640

Tak hanya itu, adapula selaput lendir yang berfungsi sebagai penyaring udara kotor yang sudah lolos dari bulu-bulu hidung. Selaput lendir ini juga berguna untuk mengatur kelembaban udara dan menghangatkan suhu. Oleh karena itu, jangan heran jika saat cuaca dingin tiba-tiba Anda akan merasa seperti ada lendir di hidung. Sebab hal tersebut merupakan upaya tubuh untuk mengatur suhu Anda agar tetap normal.

Mekanisme organ pernapasan manusia yang satu ini sangat sederhana. Pertama, udara akan masuk ke dalam lubang hidung. Kemudian akan disaring oleh bulu-bulu dan selaput lendir. Udara yang masuk dihangatkan dengan adanya lapisan di dalam selaput lendir. Lapisan lendir ini dihasilkan oleh kelenjar mukus.

Faring

Organ pernapasan manusia selanjutnya adalah Faring. Organ ini memiliki fungsi untuk menghubungkan saluran pernafasan antara rongga mulut dengan rongga hidung. Pada faring ada pita suara serta epiglotis yang berguna untuk mengatur keluar masuknya pertukaran gas yang terjadi selama proses pernafasan. Ketika menelan, secara otomatis epiglotis akan menutup laring.

alat pernapasan manusia

sumber : hadijah-arsyad.blogspot.co.id

Hal ini dilakukan agar makanan atau minuman yang ditelan tidak salah masuk ke tenggorokan melainkan ke kerongkongan. Sebab tenggorokan adalah saluran untuk pernafasan. Faring merupakan suatu saluran yang bentuknya menyerupai tabung. Dimana pada tabung inilah makanan dan udara saling bersimpangan lewat. Organ ini terletak diantara rongga hidung dengan kerongkongan.

Trakea

Organ pernapasan manusia selanjutnya adalah trakea. Trakea pada dasarnya adalah organ selanjutnya setelah faring dan laring. Yang mana organ ini berfungsi sebagai tempa pertukaran gas dalam sistem pernafasan. Trakea dikenal dengan sebutan tenggorokan. Panjang tenggorokan berkisar 12 cm.

hjjuay.blogspot.com

hjjuay.blogspot.com

Tenggorokan memiliki dinding yang dilapisi dengan lendir dan juga silia yang berfungsi untuk menangkap kotoran dan debu yang mungkin saja masih tertinggal. Tenggorokan tersusun atas cincin tulang rawan yang memiliki bentuk seperti C. Adanya susunan tulang tersebut berguna untuk menjaga agar dinding tenggorokan tidak saling menempel satu sama lain dan selalu terbuka.

Bronkus

Organ pernapasan manusia selanjutnya adalah bronkus. Organ ini terletak di ujung bawah tenggorokan. Fungsi organ ini adalah mengangkut udara ke paru-paru. Bronkus juga dikenal dengan sebutan batang tenggorokan karena memang letaknya yang dekat dengan tenggorokan. Bronkus dibedakan menjadi dua cabang yaitu bronkus kiri dan bronkus kanan. Sekedar informasi, bronkus kiri memiliki posisi yang lebih datar daripada bronkus kanan.

Oleh karena itu, wajar jika bronkus kanan bisa dikatakan lebih mudah terserang penyakit dibandingkan dengan bronkus kiri. Cabang masing-masing bronkus disebut dengan nama bronkiolus. Bronkus kiri memiliki dua cabang bronkiolus. Sementara bronkus kanan memiliki tiga cabang bronkiolus. Masing-masing cabang bronkus tersebut nantinya akan berakhir pada  alveolus atau gelembung paru-paru.

Paru-paru

Organ pernapasan manusia yang terakhir adalah paru-paru. Bagian inilah yang menempati ruang paling besar di bagian rongga dada. Dalam paru-paru, terdapat cabang-cabang bronkus yang membentuk saluran. Mulai dari saluran terkecil hingga saluran terbesar. Saluran terkecil dinamakan bronkiolus.

anatomy-117148_640

Pada masing-masing bronkiolus, ada sekumpulan kantung kecil layaknya gelembung yang menyerupai anggur dengan lapisan dinding yang tipis. Gelembung anggur tersebut adalah alveolus. Adanya proses pertukaran gas antara oksigen dengan karbondioksida terjadi di bagian alveolus dan juga kapiler darah.

Mekanismenya, oksigen akan diikat oleh hemoglobin untuk kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Setelah itu, gas karbondioksida akan dikembalikan dari sel-sel ke luar tubuh melewati kapiler darah. Gas karbondioksida ini akan keluar dari tubuh ketika Anda mengeluarkan nafas. Paru-paru memiliki nama ilmu Pulmo. Sebenarnya paru-paru merupakan organ inti dari proses pernafasan. Sehingga jika terjadi kerusakan parah pada paru-paru, maka akibatnya sangatlah fatal.

Organ pernapasan manusia bisa saja mengalami masalah. Kerusakan yang paling mematikan adalah jika terjadi di bagian paru-paru. Bahayanya akan semakin meningkat jika masalah tersebut terletak pada alveolus yang merupakan tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida.

Ketika pertukaran gas tidak bisa dilakukan dengan semestinya, maka Anda akan mengalami sesak nafas karena semakin sedikitnya kadar oksigen di dalam darah. Jika dibiarkan semakin lama, hal tersebut bisa menyebabkan kematian. Penyakit yang terjadi pada bagian alveolus tersebut dikenal dengan sebuta penyakit pneumonia. Penyakit lain yang mungkin saja menyerang paru-paru adalah TBC atau Tuberculosis.

 

Selain paru-paru, organ lain juga memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan proses sistem pernafasan. Jika terjadi suatu masalah atau kerusakan maka sudah pasti sistem pernafasan juga akan terganggu. Pada hidung, masalah yang sangat mengganggu sistem pernafasan adalah sinusitis. Sementara penyakit yang umumnya menyerang laring dikenal dengan sebutan laringitis. Demikian penjelasan lengkap mengenai organ pernapasan manusia. Semoga menambah wawasan Anda terkait dengan sistem pernafasan dan organ yang terkait di dalamnya.

Pencarian Terkait:

Tags: #anatomi #badan #kedokteran #kesehatan #udara

Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku-pakuan bukanlah jenis tanaman yang asing
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Ada banyak sekali jenis tumbuhan di dunia
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
Nama tumbuhan paku mungkin sering Anda dengar.
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Disini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cirri-ciri

Comments are closed.

Must read×

Top