Mindmapping Sebuah Revolusi dalam Mencatat

Otak kita tidak didesain untuk menghafal catatan linear alias runtut ke bawah. Mencatat akan lebih mudah diingat apabila kita mencatat seperti cara otak kita bekerja. Sebuah revolusi dalam mencatat seperti cara kerja otak manusia itu disebut mencatat menggunakan metode mindmapping.

Mindmapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan dari Inggris.Sistem ini jauh lebih efektif dari sistem mencatat linear yang selama ini kita lakukan sejak masih di bangku sekolah dasar. Mencatat materi runtut ke bawah menggunakan urutan nomor dan angka ternyata tidak sesuai dengan cara bekerja otak kita. Mencatat secara linear berarti menggunakan cara kerja otak kiri, sedangkan mencatat dengan sistem mindmapping adalah cara bekerja otak kanan yang melibatkan kreativitas, imajinasi, visualisasi dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga mudah untuk diingat.

Karena cara kerjanya yang sesuai dengan cara kerja otak manusia, mencatat dengan mindmapping membuat Anda mengingat materi lebih lama karena Anda tau gambaran utuh materi yang dipelajari hanya dengan menuliskannya di satu peta konsep. Mindmapping memudahkan kita untuk memahami konsep. Meninggalkan cara lama dalam mencatat dan sedikit demi sedikit beralih ke mindmapping akan sangat efektif dan mempersingkat waktu belajar Anda.

Beberapa manfaat metode mindmapping antara lain adalah:

Meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat sesuatu lebih utuh dan detail

Mencatat dengan sistem mindmapping akan sangat memudahkan kita untuk menemukan gambaran utuh dari sebuah ide maupun gagasan. Banyak hal penting yang tersebar dalam sebuah buku tebal. Dengan metode mindmapping, artinya kita mengumpulkan semua hal yang penting dalam buku untuk dijadikan sebuah peta konsep. Anda tidak lagi kelelahan dalam menghimpun semua informasi penting dalam buku. Anda juga tidak perlu lagi khawatir kehilangan atau lupa akan poin-poin penting dari buku yang sudah Anda baca. Tentunya Anda tak ingin apa yang sudah Anda baca menjadi sia-sia bukan? Dengan mindmapping, Anda dapat mengumpulkan semua yang penting hanya dalam satu peta konsep.

Meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi dan memori

Membiasakan diri mencatat dengan sistem mindmapping akan melatih otak kita untuk menyusun informasi dengan baik. Otak kita akan semakin mahir untuk memilah dan mengelompokkan informasi. Selain itu, dengan satu pokok bahasan atau tema yang kita buat di mindmap, otak kita akan terbantu untuk lebih konsentrasi. Ia melibatkan imajinasi, visualisasi dan tentunya memori jangka panjang Anda.

Menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan sangat menghemat waktu

Ketika Anda sudah terbiasa mencatat materi dengan sistem ini, Anda akan lebih merasa seperti sedang bermain ketimbang belajar. Menggunakan spidol dan mengkombinasikan warna akan sangat baik dampaknya bagi perkembangan otak kanan Anda. Selain menjadi lebih kreatif, mencatat dengan cara begini akan lebih menyenangkan karena Anda bebas mengekspresikan apa yang Anda pahami dalam sebuah gambar dan coretan. Sebagai bonus, Anda akan menghemat banyak waktu untuk belajar.

Membuat materi yang sulit lebih mudah untuk dipahami dan dikuasai

Satu hal yang membuat mindmapping menjadi solusi ampuh bagi banyak orang, mindmapping membuat materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dikuasai. Masalah utama mengapa banyak dari kita yang kesulitan memahami sesuatu adalah karena kita belum tau gambaran besarnya. Kita masih buta konsepnya. Pernahkah Anda merasa sulit sekali memahami suatu isi materi, namun ketika Anda menemukan kata kunci dan melihat gambaran besarnya rasanya mudah sekali materi tersebut untuk dipahami. Inilah kelebihan mindmapping. Kita akan disajikan suatu gambaran besar dan peta konsep dari hal yang akan kita kuasai. Tentunya ini akan mempermudah proses belajar Anda dan mengantarkan Anda menuju gerbang sukses yang ingin dicapai.

Tunggu apalagi segera ubah metode mencatat Anda dari menulis catatan linier menjadi mencatat menggunakan metode mindmapping. Buktikan keampuhannya! Salam revolusi belajar.

Pencarian Terkait:

Tags: #mencatat #mindmapping

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "Mindmapping Sebuah Revolusi dalam Mencatat"

Must read×

Top