6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui

Nama tumbuhan paku mungkin sering Anda dengar. Namun, bagaimana dengan manfaat tumbuhan paku? Ya, ternyata tumbuhan yang biasa ditemui di dataran tinggi ini memiliki manfaat yang bagus untuk manusia. Tumbuhan paku bukanlah tanaman yang baru lagi di Indonesia. Hampir semua daerah menjadi habitat dan tempat tinggal tumbuhan ini. Tumbuhan ini sangat senang bertumbuh di daerah tropis dan juga lembab namun tidak akan bisa tumbuh di tempat yang gersang total atau di daerah salju yang abadi.

Baca juga : Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku

Ada banyak manfaat dari tanaman ini yang bisa dirasakan oleh manusia dalam berbagai bidang. Tumbuhan paku sudah eksis di dunia diperkirakan hampir 400 juta tahun lalu dan ini bukanlah sebuah usia yang muda.

Berbagai Manfaat Tumbuhan Paku

Sewaktu tumbuhan paku ini pertama kali ada di bumi, ukurannya tidaklah seperti ukuran yang sekarang. Di jaman pra sejarah, ukuran tumbuhan ini cukup besar. Namun kemudian seiring berjalannya waktu, karena proses seleksi alam yang ada disertai dengan proses evolusi maka membuat ukuran tanaman ini perlahan menjadi sekecil sekarang. Meski terlihat tidak ada yang istimewa, ternyata manfaat tumbuhan paku sangat banyak. Tidak heran jika tanaman paku ini banyak dicari oleh sebagian orang.

Manfaat tumbuhan paku ini memang cukup beragam dan pastinya sangat bermanfaat bagi manusia. Beberapa manfaat yang sudah sering dinikmati tentu saja sebagai sumber pangan. Tumbuhan paku sudah terkenal akan kelezatannya sebagai sayuran. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang percaya bahwa tanaman paku ini atau yang juga dikenal dengan tumbuhan pakis bermanfaat untuk kesehatan, seperti sebagai obat herbal alami yang kaya khasiat.

Tidak hanya itu, beberapa orang  menganggap pakis sebagai salah satu material bangunan yang berkualitas baik. Batangnya yang tua, kuat dan tidak mudah rapuh menjadi alasannya. Selain itu, ada juga yang mengatakan kalau tumbuhan paku ini sangat ampuh untuk dijadikan bahan-bahan alami pembersih.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa manfaat tumbuhan paku yang bisa Anda ketahui:

Tanaman hias

Tanaman pakis cukup terkenal sebagai tanaman hias. Sekalipun tanaman ini berbentuk dedaunan yang hijau segar namun jika dipadukan dengan tumbuhan, bunga-bunga atau dedaunan jenis lain maka bisa menghasilkan karya hias yang luar biasa cantik.

Bahkan dengan hanya diletakkan begitu saja di dalam pot tanaman, tumbuhan pakis ini tetap tidak kehilangan pesonanya. Beberapa daerah seperti Sumatera masih terbiasa menggunakan tanaman pakis sebagai tanaman hias hidup untuk berbagai kebutuhan. Cukup banyak jenis dari tanaman paku yang ternyata bisa dijadikan sebagai tanaman hias juga. Beberapa bagian yang memiliki nilai estetika untuk tanaman hias dari tumbuhan paku seperti pada bagian daun, batang serta akarnya langsung.

Pupuk Alami

Manfaat tumbuhan paku yang kedua adalah sebagai pupuk alami. Beberapa jenis tumbuhan paku seperti azolla piñnata dan juga salvinia natans. Biasanya masyarakat menggunakan kedua jenis tanaman tersebut sebagai salah satu teknik untuk mengembangkan dalam bidang pertanian.

sumber : feedipedia.org

Tumbuhan paku bermanfaat bagi dunia pertanian sebagai pupuk alami karena banyak mengandung nitrogen. Kadar nitrogen yang tinggi pada tumbuhan paku yang dimanfaatkan oleh para petani untuk membantu menyuburkan tanah sekaligus menyehatkan tanaman yang sedang di tanam di lading atau sawah.

Bahan Makanan

Siapa yang menyangka kalau ternyata manfaat tumbuhan paku yang berikutnya adalah sebagai sayuran dan bahan makanan sehat yang lezat? Beberapa jenis tanaman paku yang biasa dikonsumsi oleh banyak orang adalah tanaman paku garuda dan jenis semanggi. Selain kaya akan gizi kedua jenis sayuran tersebut memiliki kadar serat yang cukup tinggi.

sumber: mbakfajriitut.wordpress.com

Baca juga : Inilah Contoh Contoh Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Sporanya

Hal ini sangat bermanfaat baik untuk membuat manusia memiliki system pencernaan yang lancar dan bebas sembelit. Anda bisa memanfaatkan pucuk daunnya yang muda untuk dijadikan sayuran yang lezat. Anda bisa mencampurnya dengan sayuran lain sebagai hidangan utama.

Obat Herbal Tradisional

Manfaat tumbuhan paku yang keempat adalah sebagai tanaman yang sekaligus memiliki fungsi sebagai obat herbal. Sampai saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih suka mengonsumsi obat tradisional karena dianggap lebih aman dan juga jauh lebih murah dan terjangkau untuk semua kalangan ekonomi.

sumber : id.aliexpress.com

Salah satu jenis tumbuhan paku yang biasa digunakan sebagai obat adalah tanaman paku ekor kuda. Manfaatnya biasanya untuk membantu menyembuhkan luka sekaligus memperlancar buang air kecil. Biasanya pada pasien yang bermasalah dengan ginjal atau diabetes mengalami kesulitan saat akan buang air kecil.

Alat Pembersih

Tanaman yang bermanfaat sebagai pembersih dari golongan tumbuhan paku-pakuan ini adalah paku ekor kuda. Biasanya tumbuhan ini digunakan sebagai alat untuk membersihkan atau alat gosok karena memiliki serat yang cukup halus namun seratnya cukup kuat karena tidak mudah untuk patah. Manfaat tumbuhan paku yang satu ini sangat berguna terutama untuk membersihkan berbagai bagian rumah seperti lantai atau perkakas rumah tangga.

Material Bangunan

Untuk yang belum tahu, satu lagi untuk manfaat tumbuhan paku yang biasa digunakan dalam dunia pembangunan adalah sebagai material bangunan itu sendiri. Salah satu jenis dari tanaman paku yang banyak digunakan untuk kebutuhan bangunan adalah pakis haji. Tumbuhan paku yang satu ini ternyata memiliki kegunaan yang cukup banyak dalam hidup manusia. Bagian paling pucuk dari daunnya bisa diolah menjadi masakan yang lezat.

Kemudian daunnya secara keseluruhan biasa digunakan untuk bahan atap rumah tradisional. Lalu untuk bagian serat pada tumbuhan paku pakis haji ini bermanfaat sebagai bahan isian untuk bantal. Untuk bahan baku kapas juga menggunakan tanaman ini. Di beberapa Negara, tanaman ini memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk di Indonesia mungkin tidak semua masyarakat mengenal manfaat dengan baik sehingga cenderung banyak yang menganggap tanaman ini hampir sama dengan jenis tanaman lumut biasa.

Melihat banyaknya manfaat dari tumbuhan paku ini maka akan sangat sayang sekali jika sampai suatu saat tanaman ini harus punah. Untuk itu ada baiknya kita mulai melestarikan tanaman pakis ini dengan menanamnya atau membiarkannya hidup dan berkembang di sekitar hidup Anda.

Hindari merusak lingkungan dan alam sehingga keseimbangan ekosistem dan seluruh flora dan fauna yang ada tidak akan  terganggu. Sekalipun ini adalah jenis tanaman yang sangat mudah hidup dan berkembang biak dimana saja, namun jika lingkungan habitatnya dirusak oleh manusia maka lama kelamaan anak cucu tidak akan lagi bisa mengenal secara langsung apa itu tanaman paku-pakuan. Tentu saja sangat disayangkan jika tanaman ini suatu saat menjadi sejarah.

Itulah informasi mengenai tanaman paku dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Meski memiliki banyak manfaat, sudah seharusnya kita memanfaatkannya dengan bijak. Hal ini penting agar Anda bisa merasakan manfaat tanaman paku dalam jangka waktu lama. Bahkan hingga anak cucu kita nanti.

Pencarian Terkait:

Tags: #alam #belajar #IPA #science #SD #SMA #SMP

Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku-pakuan bukanlah jenis tanaman yang asing
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Ada banyak sekali jenis tumbuhan di dunia
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Disini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cirri-ciri
Inilah Contoh Contoh Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Sporanya
Inilah Contoh Contoh Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Sporanya
Tumbuhan paku memiliki ciri khas yang bisa

Comments are closed.

Must read×

Top