Kemendikbud Bentuk Direktorat Orang Tua

Pengamat Pendidikan Profesor Arief Rachman menilai Direktorat Keayahbundaan nantinya perlu membidik orang tua muda sebagai sasaran utama. Pasalnya, mereka belum memiliki jam terbang yang tinggi dalam mengasuh anak.

Menurut dia, nantinya para orang tua harus diajarkan bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan buah hatinya. Hal ini untuk meningkatkan peran serta ayah-bunda dalam pendidikan si anak. Kepada orang tua muda, kata Arief, Direktorat Keayahbundaan juga perlu meningkatkan komunikasi antara suami dengan istrinya.

Ia juga menjelaskan, orang tua perlu diberi pengetahuan soal perkembangan psikologis seorang anak. Dari sana, mereka bisa tahu bagaimana menangani anak sesuai kelompok usianya. “Kalau usia remaja melawan orang tua, ya memang kelakuan mereka seperti itu. Kalau mereka melawan bukan karena mereka kurang ajar,” jelas dia.

Direktorat Keayahbundaan, jelas Arief, dapat membuat peraturan yang mewajibkan sekolah membuat pertemuan secara rutin dengan orang tua murid. Pertemuan ini juga bisa semakin intensif jika ada kasus yang melibatkan siswa sekolah itu.

Seperti diketahui, Mendikbud Anies berwacana mendirikan Keayahbundaan melihat tak tersentuhnya pendidikan pada orang tua dari kementeriannya. Dengan adanya konsep ini, ia mengharapkan ada perubahan cara pendekatan orang tua dalam mendidik anak.

Direktorat Keayahbundaan ini akan berada di bawah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Pasalnya, anak-anak di usia tersebut menjadi awal terbentuknya karakter seseorang.

 

Sumber:  cnnindonesia.com

Pencarian Terkait:

Tags: #direktorat orang tua

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Leave a reply "Kemendikbud Bentuk Direktorat Orang Tua"

Must read×

Top