Informasi Beasiswa LPDP

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah Kementrian Keuangan untuk mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Lembaga ini berdiri pada tanggal 30 Januari 2012 berdasar Keputusan Menteri Keuangan No. 18/KMK.05/2012.

DPPN merupakan penyisihan anggaran pendidikan setiap tahun yang diinvestasikan. Dana ini digalang sejak 2010 lalu atas inisiatif Menteri Keuangan yang dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati. Saat ini total DPPN mencapai Rp 16 triliun, sebuah angka fantastis menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menyekolahkan anak-anak bangsa. Alokasi dana LPDP meliputi 3 hal: Program beasiswa, program pendanaan riset, dan program dana cadangan pendidikan seperti renovasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam, dll.

Ada 3 jenis beasiswa LPDP yang disediakan:

1. Beasiswa Pendidikan Magister & Doktor (untuk dalam maupun luar negeri)

2. Beasiswa Tesis & Disertasi (untuk studi di dalam maupun luar negeri)

3. Beasiswa Afirmasi: yakni program beasiswa yang ditujukan kepada kelompok masyarakat yang mempunyai prestasi akademik jenjang Sarjana/ Magister yang berasal dari daerah perbatasan dan daerah tertinggal; dan kelompok masyarakat yang telah berjasa membawa nama Bangsa Indonesia dalam bidang Olimpiade Sains dan Teknologi, olah raga dan seni/ budaya di tingkat Nasional/ Internasional

SYARAT PELAMAR BEASISWA LPDP

 I. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Lulusan program studi dari perguruan tinggi di dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau perguruan tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan;
  4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan;
  5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum;
  6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik;
  7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia;
  8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain;
  9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja;
  10. Mendapatkan Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja; (boleh siapa saja, termasuk Pak Lurah, dll)
  11. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang disetujui oleh LPDP;
  12. Mengupload Essay dengan tema:
    1. Peranku bagi Indonesia
    2. Sukses terbesar dalam hidupku
  13. Rencana Studi untuk program Magister
  14. Proposal Penelitian untuk program Doktor

II. Persyaratan Khusus

  1. Usia maksimum bagi pelamar beasiswa pada saat penutupan pendaftaran adalah:
    1. 35 (tiga puluh lima) tahun untuk program Magister, 37 tahun untuk Beasiswa Tesis.
    2. 40 (empat puluh) tahun untuk program Doktor, 44 tahun untuk Beasiswa Disertasi.
  2. Telah menyelesaikan dan memperoleh gelar akademik:
    1. Sarjana/DIV untuk pelamar program Magister dengan IPK 3,00 pada skala 4
    2. Magister untuk pelamar program Doktor dengan IPK 3,25 pada skala 4
  3. Kemampuan penguasaan bahasa Inggris:
    1. TOEFL ITP 500 untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi dalam negeri;
    2. TOEFL ITP 550 untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi luar negeri atau memiliki letter of acceptance (LOA) dari Perguruan Tinggi Luar Negeri;
    3. untuk pelamar yang memilih program studi Magister atau Doktor luar negeri yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar akademiknya, dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan berbahasa asing yang berlaku di perguruan tinggi tersebut.
  4. Lama Masa Studi Program Pilihan:
    1. maksimal 2 (dua) tahun untuk program Magister
    2. maksimal 4 (empat) tahun untuk program Doktor

Persyaratan Penerima Beasiswa Tesis/Disertasi

  1. Mahasiswa program magister/doktor yang sudah menyelesaikan seluruh mata kuliah;
  2. Judul penelitian dan bidang kajian yaitu teknik, sains, pertanian, akuntansi dan ekonomi, hukum dan agama;
  3. Pelamar harus mengupload dokumen-dokumen dan mengisi formulir pendaftaran sebagai berikut:a. Transkrip nilai akhir seluruh mata kuliah;b. Proposal tesis dan/atau disertasi yang sudah disetujui oleh pembimbing atau promotor;c. Surat Keterangan Lulus Seminar Proposal;d. Surat Pernyataan tidak sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa tesis dan disertasi dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri;e. Rencana Anggaran Belanja sesuai dengan satuan biaya yang berlaku;f. Essay maksimal 3 halaman (A4) tentang peranan penerima beasiswa dalam upayanya: i) meningkatkan daya saing/nilai tambah produk dan/atau jasa nasional, dan/atau; ii)menyelesaikan permasalahn masyarakat dan bangsa, dan/atau; iii) memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.

PROGRAM STUDI SASARAN BEASISWA LPDP:

Teknik, Sains, Pertanian, Akuntansi/Keuangan, Hukum, Agama, Kedokteran, Ekonomi, dan Bidang Lain (Sosial, Ekonomi dan Budaya);
Perguruan Tinggi (PT) TUJUAN STUDI yang di Prioritaskan Beasiswa LPDP:
– PT dalam Negeri adalah Terakreditasi A oleh BAN-PT (Prodi dan Institusi), atau PT yang masuk daftar 500 terbaik dunia;
– PT Luar Negeri adalah yang masuk dalam 300 besar dunia, dan/atau program studi yang terakreditasi oleh profesi masing-masing (Luar Negeri)

TAHAPAN BEASISWA

 Tahapan I: Penilaian Kelengkapan Administrasi

Dalam tahapan ini, data isian & file dokumen kamu akan diperiksa LPDP terkait
a.Kelengkapan dokumen
b.Pemastian informasi kepada peserta (lengkap atau tidak lengkap)
c.Memenuhi syarat/tidak
Dokumen aplikasi yang lengkap & memenuhi syarat selanjutnya di distribusikan ke reviewer secara online untuk di nilai

Tahapan II: Penilaian Dokumen

Dalam tahapan ini, isian form dan file dokumen yang telah kamu isi & upload di sistem online LPDP akan dinilai oleh Reviewer LPDP melalui sistem online dengan komponen penilaian meliputi:
– Akreditasi Program Studi oleh BAN-PT (mengingat belum meratanya kualitas PT di Jawa dan di luar Jawa, penilaian dalam poin ini bersifat relatif).
– Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta.
– Skor TOEFL (atau skor lainnya yang setara), termasuk lembaga yang mengeluarkan skor TOEFL. Untuk beasiswa studi Magister/Doktor, skor TOEFL ini tidak lagi menjadi pertimbangan apabila pelamar telah dapat menunjukkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/Offer) dari universitas tujuan.
– Kepemimpinan
– Potensi Untuk Berkembang/ Maju
– Kegiatan Sosial Masyarakat
– Idealisme  dan Nasionalisme
Semua pelamar yang nilainya memenuhi nilai minimum, pasti akan diundang LPDP untuk mengikuti tahap ke seleksi wawancara. Pengumuman disampaikan di website lpdp dan email pemberitahuan langsung ke peserta, jadi jangan males untuk ngecheck email dan update website LPDP pada tanggal pengumuman seleksi ya!

Tahapan III: Tahapan Seleksi Wawancara

Setiap Peserta akan diwawancara oleh 2 orang Interviewer dari Bidang Keilmuan terkait (rata-rata bergelar profesor, minimal bergelar Dr) dan 1 orang Psikolog. Tujuan dari session  interview ini adalah mengkonfirmasi secara detail data diri dan rencana studi kamu termasuk value-value yang kamu ceritakan dalam tulisan essay kamu.

Kedua interviewer dari Bidang Keilmuan terkait biasanya akan menggali lebih dalam rencana studi, detail proposal penelitian, hingga penguasaan ilmu terkait dengan rencana studi/penelitian yang kamu mintai dana. Sedangkan psikolog fokus melihat aspek kejiwaan, kepribadian, dan potensi-potensi yang kamu miliki untuk berhasil dalam studi/penelitian dan menjadi agen perubahan seusai studi/penelitian. Lewat pertanyaan-pertanyaan yang saling mengkonfirmasi dari ketiga Interviewer dan file data yang telah dimilikinya, umumnya kelebihan-kelebihan dan kekurangan dari pelamar biasanya dapat diketahui. Beberapa pelamar yang berbohong, berpura-pura, hingga memalsukan data biasanya akan dapat diketahui. Nilai dari ketiga interviewer akan dihitung dan dikonfirmasikan dengan nilai dokumen aplikasi.

Proses wawancara ini umumnya dilakukan dengan cara tatap muka langsung atau apabila pelamar sedang berada di luar negeri dilakukan Teleconference.

Berikut ini bagan mekanisme proses seleksi beasiswa Magister & Doktor

LPDP_mekanisme1

Website resmi beasiswa LPDP di www.beasiswalpdp.org. Selamat mencoba. Semoga berhasil!

Pencarian Terkait:

Tags: #beasiswa #lpdp

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Leave a reply "Informasi Beasiswa LPDP"

Must read×

Top