Keajaiban Ilmu Kimia dalam mengatasi Masalah Sehari-hari

Tanpa disadari, kegiatan kita sehari-hari pun melibatkan proses kimia. Berbagai reaksi kimia itu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sejumlah persoalan sederhana yang terkadang malah diselesaikan dengan cara yang sulit.

Tidak percaya? Berikut beberapa manfaat kimia yang dapat diterapkan seperti dikutip dari Solving Everyday Problems With Science.

Tak Sengaja Menginjak Permen Karet?

permenkaretlengketdalam

Ambilah es batu dan tempelkan ke lokasi yang terkena permen karet. Proses kimia yang terjadi adalah pembekuan permen karet. Dengan begitu permen karet akan membeku dan mudah untuk diangkat. Untuk membersihkan sisa permen karet, ambilah cairan 4WD atau pelumas. Lalu usapkan. Cairan pelumas bisa mengalahkan sifat lengket dari permen karet.

Menangis Saat Mengiris Bawang

images

Mengiris bawang adalah pekerjaan yang cukup menguras air mata. Sebab, kandungan di setiap sel bawang akan menguap dan uap itulah yang membuat mata iritasi. Cara mengatasinya adalah dengan memasukan bawang ke dalam kulkas selama 15 menit. Pembekuan bawang akan mengubah bentuk sel bawang dan memperlambat laju reaksi kimia bawang. Ketika bawang diiris, senyawa uap yang dilepas bukan menyasar ke udara tetapi ke air es yang menyelimuti bawang.

Tebak Telur Busuk atau Tidak?

telur

Celupkan telur ke dalam air. Jika Telur mengambang, maka itu adalah telur segar. Jika mengapung, berarti itu adalah telur busuk. Telur yang busuk mengandung hidrogen sulfida. Senyawa kimia itu mengandung gas yang membuat telur mengapung.

Membersihkan stiker

images

Saat membeli barang sering kali label harga masih menempel dan sulit untuk dibersihkan. Nah, untuk membersihkannya, semprotkan parfum atau oleskan kapas yang telah direndam dengan alkohol pada stiker tersebut. Bukan sulap bukan sihir, stiker tersebut akan mengelupas dengan mudah. Namun, perlu diingat alkohol larut dalam bahan kimia lainnya sehingga hanya cocok digunakan untuk benda-benda dari kaca maupun kulit bukan kayu atau plastik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan stiker, label, maupun tato sementara.

Membuat es batu

images

Gunakan proses kimia untuk menghasilkan es batu yang lebih baik. Maksudnya es batu yang dihasilkan bebas dari gelembung dan terlihat sangat bersih. Caranya adalah dengan membekukan air mendidih. Sebab gas-gas terlarut yang dapat membuat es batu bergelembung akan hilang ketika air mendidih.

Membersihkan noda pada peralatan perak

membersihkan-perhiasan-perak

Untuk menghilangkan noda elektrokimia pada perhiasan atau peralatan perak, Anda bisa menggunakan kombinasi aluminium foil, garam, dan baking soda. Caranya, balut peralatan atau perhiasan perak dengan aluminium foil. Kemudian tuangkan air panas dan taburi dengan garam serta baking soda. Tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan air dan keringkan. Peralatan atau perhiasan perak Anda akan kembali bersinar.

Adapun cara menyimpan peralatan atau perhiasan perak adalah membungkusnya dengan plastik guna mencegah udara keluar masuk di sekitar logam. Kemudian, jauhkan perak dari tempat lembap dan produk dengan kandungan sulfur yang tinggi.

Memasukkan benang ke lubang jarum

jarum benang

Anda kesulitan memasukkan benang ke dalam lubang jarum? Manfaatkan cairan lilin untuk mengatasinya. Lilin dapat mengikat serat liar dan membuat benang kaku sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam lubang jarum. Selain itu, gunakan kuteks atau cat kuku berwarna terang pada ujung benang jika Anda juga mengalami kesulitan untuk menemukan akhir jahitan.

Mematangkan pisang dengan cepat

pisang

Untuk menunggu buah matang dengan sempurna, kita biasa menunggunya dalam beberapa hari. Namun, dengan proses kimia, Anda dapat menghemat waktu. Caranya mudah. Cukup tutup pisang yang masih hijau dengan kantong kertas bersama apel dan tomat matang. Kedua buah tersebut mengeluarkan etilena yang merupakan zat untuk mematangkan buah secara alami. Di sisi lain, jika tidak ingin pisang terlalu matang, jangan tempatkan dalam satu wadah dengan buah matang lainnya.

Garam untuk menambah kenikmatan kopi

kopi-luwak-6

Ternyata, garam dapat membuat secangkir kopi terasa lebih nikmat. Sebab, ion natrium yang dilepaskan oleh garam dapat menghalangi reseptor untuk mendeteksi rasa pahit. Tips lain untuk mengurangi rasa pahit dari kopi adalah tidak menyeduh kopi dengan air yang sangat panas. Karena panas yang terlalu banyak selama menyeduh kopi akan meningkatkan ekstrasi dari molekul yang terasa pahit.

Baking Soda mengatasi bau kaki

Mengatasi Bau Kaki - Kaos kaki bau - penyebab bau kaki

Baking soda memiliki nama lain sodium bikarbonat. Baking soda ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki dengan cara merendam kaki dengan air, kemudian bubuhkan baking soda ke dalam air.

Baking soda itu akan membuat jutaan gelembung gas karbon dioksida yang masing-masing berukuran sangat kecil. Gelembung-gelembung itu akan mengangkat kotoran di kaki yang kemudian dilepaskan ke air.

Pencarian Terkait:

Tags: #kimia #manfaat

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "Keajaiban Ilmu Kimia dalam mengatasi Masalah Sehari-hari"

Must read×

Top