Hanya Tersisa 3 PTN Indonesia yang Masuk Peringkat Kampus Top Sejagat

Kualitas perguruan tinggi negeri (PTN) di kancah internasional memprihatinkan. Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Muhammad Nasir mengatakan, sekarang tersisa tiga PTN yang masuk pemeringkatan kampus top sejagat.

Ditemui di kediamannya di komplek Widya Candra, Jakarta, tadi pagi (21/1) Nasir menyebut, ketiga PTN itu adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). “PTN lainnya banyak yang rontok,” tutur mantan rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu.

Nasir menyadari sampai saat ini iklim pengelolaan PTN di Indonesia belum kompetitif dibanding kampus-kampus luar negeri. Diantara yang dia sorot adalah, urusan pengelolaan keuangan kampus yang begitu berat. Menurut dia, untuk menggenjot kualitas ini, PTN harus dimandirikan dalam urusan pengelolaan keuangan. “Pemerintah memberikan uang. Silahkan dikelola dengan akuntabel,” tutut Nasir.

Dia menjelaskan supaya pengelolaan keuangan kampus fleksibel dan dapat mengembangkan institusi, maka PTN akan digiring menjadi PTN Badan Hukum (BH). Nasir berjanji akan memperlonggar usulan kampus negeri untuk menjadi PTN BH. Setelah berwujud PTN BH, universitas memiliki kemandirian mengelola uang termasuk mencari mitra kerjasama dari swasta.

Setelah banyak PTN yang mandiri, Nasir berharap terjadi kompetisi dan berkreasi yang baik untuk berlomba masuk jajaran kampus top dunia. Kampus yang berstatus PTN BH tetapi kinerja akademis dan pengelolaan keuangannya memble, akan di-down grade kembali menjadi PTN satuan kerja (satker) pemerintah.

Nasir mengatakan masyarakat tidak perlu cemas ketika PTN menjadi mandiri lantas biaya kuliahnya mahal. Sebab pemerintah tetap mengucurkan dana bantuan operasional PTN. Dana itu bisa dipakai kampus supaya menekan biaya kuliah.

Sumber: jawapos

Pencarian Terkait:

Tags: #dikti #itb #kampus #muhammad nasir #ptn #ugm #ui

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Leave a reply "Hanya Tersisa 3 PTN Indonesia yang Masuk Peringkat Kampus Top Sejagat"

Must read×

Top