Inilah Contoh Contoh Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Sporanya

Tumbuhan paku memiliki ciri khas yang bisa dilihat secara kasat mata. Ciri khas yang paling menonjol yaitu adanya sorus (kumpulan kotak spora) di bagian bawah / tepi daunnya. Sorus itulah yang nantinya akan digunakan tumbuhan paku dalam bereproduksi. Jika penasaran dengan bentuk sorus, Anda bisa melihat pada contoh tumbuhan paku ekor kuda. (Equisetum debile).

Bulatan-bulatan kecil berwarna coklat yang ada pada bagian bawah daun itulah yang disebut dengan sorus. Sorus tersebut merupakan kumpulan dari kotak spora (sporangium) yang di dalamnya terdapat spora. Spora sendiri dibedakan menjadi jantan dan betina.

Tentu saja untuk bisa membedakannya diperlukan wawasan dan keahlian yang cukup.di bidangnya. Berdasarkan jenis sporanya, tumbuhan paku ini dibedakan menjadi 3 yaitu tumbuhan paku homospor, heterospor, dan peralihan.

Untuk tumbuhan paku homospor agak sulit membedakan antara spora jantan dan betinanya. Jelas saja untuk mengetahuinya dibutuhkan alat khusus dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata.

Contoh tumbuhan paku homospor yaitu Lycopodium clavatum atau sering dikenal dengan paku kawat. Selanjutnya tumbuhan paku heterospor yang mana spora jantan berukuran lebih kecil daripada spora betina.

Contoh paku heterospor yaitu Marsilea sp (semanggi), dan Selaginella sp (paku rane). Terakhir yaitu jenis paku peralihan, yang mana memiliki ukuran spora yang relatif sama antara jantan dengan betina. Contohnya yaitu Equisetum debile (paku ekor kuda). Dari perbedaan spora tersebut, tentu menghasilkan perbedaan pula dalam hal reproduksinya. Berikut reproduksi dari masing-masing contoh / jenis tumbuhan paku berdasarkan spora.

Contoh Tumbuhan Paku dan Reproduksinya Berdasarkan Jenis Spora

Sama halnya seperti hewan atau manusia, tumbuhan paku juga mengalami reproduksi yang biasa disebut dengan metagenesis. Sebelum mengalami metagenesis ini (pergiliran keturunan), gametofit yang biasa disebut protalium akan menghasilkan arkegonium (penghasil ovum) dan anteridium (penghasil sperma).

Protalium ini berasal dari perkecambahan spora yang haploid. Bentuknya mirip dengan jantung, berwarna hijau, dan selalu berlekatan pada bagian substrat. Selanjutnya ketika ovum dan sperma bertemu maka akan terbentuklah zigot yang mana nantinya akan tumbuh menjadi tumbuhan paku sporofit (penghasil spora).

Di sisi lain, sporangium (kotak spora) akan terbentuk pada daun paku yang fertile. Di dalamnya akan menghasilkan sel induk spora yang mana akan mengalami pembelahan meiosis menjadi spora haploid. Hal tersebut lama-kelamaan akan membuat sporangium pecah karena tidak lagi mampu menampung spora.

Kemudian spora yang keluar tersebut akan berhamburan dan berterbangan ke tempat yang sesuai untuk melakukan perkecambahan dan membentuk sporangium baru. Di saat itulah siklus reproduksi akan dimulai kembali. Penjelasan yang dipaparkan tersebut merupakan, reproduksi secara umum tumbuhan paku, Berikut akan disampaikan mengenai contoh tumbuhan paku dan reproduksi berdasarkan jenis spora.

Tumbuhan paku homospora

Contoh tumbuhan paku pertama yang akan dibahas mengenai reproduksinya yaitu Lycopodium clavatum (paku kawat). Siklus hidupnya dimulai dari spora yang sebelumnya telah jatuh dari kotak spora dan menghasilkan protalium.

Protalium tersebut nantinya akan menghasilkan gametofit jantan yaitu anteredium sebagai penghasil sperma dan betina yaitu arkegonium sebagai penghasil sel telur pada tumbuhan lumut, Selanjutnya, keduanya akan bertemu dan terbentuk menjadi sebuah zigot yang akan tumbuh menjadi tumbuhan paku.

Tumbuhan paku yang masih muda tersebut akan bertindak sebagai sporofil dan menghasilkan sporangium. Di sana sel induk spora akan diproduksi dan mengalami pembelahan meiosis menghasilkan spora yang haploid. Kemudian sporangium pecah, spora berterbangan dan menempel pada kondisi yang sesuai untuk menghasilkan protalium kembali. Begitulah siklus ini berjalan.

Tumbuhan paku heterospora

Contoh tumbuhan paku selanjutnya yaitu Marsilea sp (semanggi). Reproduksinya kurang lebih sama, namun memiliki proses yang sedikit lebih kompleks daripada jenis paku homospor. Hal ini dimulai dari mikrospora yang akan menghasilkan mikroprotalium dan makrospora yang akan menghasilkan makroprotalium.

Mikroprotalium akan menghasilkan anteridium (penghasil sperma), sedangkan makroprotalium akan menghasilkan arkegonium (penghasil sel telur). Ini sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa pada paku heterospor ukuran spora jantan lebih kecil dari spora betina.

Selanjutnya, ovum dan sperma akan bertemu dan membentuk zigot. Di sisi lain, tumbuhan paku yang fertile akan mulai membentuk mikrosporofil dan makrosporofil. Keduanya lantas akan membentuk mikro dan makrosporangium yang nantinya akan menghasilkan sel induk mikrospora dan makrospora.

Ketika sel induk sudah matang, ia akan mengalami pembelahan meiosis, menghasilkan spora haploid, dan menyebabkan sporangium pecah. Mikro dan makrospora berhamburan dan kembali lagi mengalami siklus reproduksi. Metagenesi tumbuhan paku heterosporo ini siklusnya sama dengan contoh tumbuhan paku heterospor lainnya.

Tumbuhan paku peralihan

Contoh tumbuhan paku peralihan ini memiliki daur hidup yang lebih sederhana dari paku heterospor. Dimulai dari spora jantan dan betina, yang masing-masing dari keduanya akan menghasilkan protalium dan protalin (sebutan untuk protalium betina).

Protalium akan menghasilkan anteridium (penghasil sperma), dan protalin akan menghasilkan arkegonium (penghasil sel telur). Keduanya akan bertemu dan menjadi sebuah zigot yang sporofil. Kemudian sporangium akan terbentuk, dan menghasilkan sel induk spora jantan dan betina.

Sel induk spora yang matang akan mengalami pembelahan meiosis menghasilkan spora yang haploid sehingga mengakibatkan sporangium pecah dan spora berhamburan. Spora tersebut akan kembali lagi memulai siklus hidupnya. Contoh tumbuhan paku peralihan ini adalah Equisetum debile (paku ekor kuda).

Meskipun berkembang biak menggunakan spora, contoh tumbuhan paku ini tidak bisa disamakan jenisnya dengan tumbuhan lumut. Hal ini dikarenakan tumbuhan paku sudah memiliki jaringan pengangkut seperti xylem dan floem, serta sudah bisa dibedakan antara bentuk akar, batang, dan daunnya.

Berbeda halnya dengan lumut yang mana tidak memiliki semua ciri-ciri tersebut. Habitat tumbuhan ini sama halnya dengan lumut yaitu di tempat lembab atau bahkan berair. Namun beberapa di antaranya juga ditemukan bisa hidup di tempat kering, dan panas.

Meskipun ciri-ciri tumbuhan paku juga menyerupai tumbuhan berbiji, ia juga tidak bisa dimasukkan dalam kelompok tumbuhan tersebut. Alasannya tak lain karena perkembangbiakannya yang menggunakan spora. Sungguh unik, namun begitulah tumbuhan. Berbagai macam spesies ada dengan segala kemiripan dan perbedaan yang membuatnya tidak bisa disatukan.

Demikian ulasan mengenai contoh dan reproduksi tumbuhan paku. Di akhir ulasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa tumbuhan paku mengalami 2 fase metagenesis (pergiliran tanaman), yaitu fase gametofit dan fase sporofit. Fase gametofit ialah fase di mana protalium menghasilkan sel gamet jantan (anteridium) dan betina (arkegonium).

Sedangkan fase sporofit yaitu fase ketika daun fertile menghasilkan sporangium (kotak spora) untuk memproduksi induk sel spora yang nantinya akan menghasilkan spora haploid. Secara garis besar reproduksi tumbuhan paku ini sama, yang membedakan hanya jenis sporanya. Seperti halnya contoh tumbuhan paku heterospor yang mana dalam metagenesisnya menghasilkan makrospora dan mikrospora.

Pencarian Terkait:

Tags: #alam #belajar #hidup #makhluk #science #SD #SMA #SMP

Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku-pakuan bukanlah jenis tanaman yang asing
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Ada banyak sekali jenis tumbuhan di dunia
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
Nama tumbuhan paku mungkin sering Anda dengar.
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Disini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cirri-ciri

Comments are closed.

Must read×

Top