Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya

Pengertian dan contoh Akulturasi memang kerap membingungkan banyak orang. Padahal istilah akulturasi kerap kita dengar ketika mempelajari ilmu sosial dan juga ilmu budaya. Namun tak bisa dipungkiri ada beberapa orang yang masih sulit memahami makna akulturasi ini. Apalagi istilah akulturasi kerap dikaitkan dengan istilah asimilasi, yang kadang sering membingungkan mereka yang ingin mengetahui makna sebenarnya dibalik istilah ini.

Mengetahui pengertian dan contoh akulturasi akan memudahkan Anda untuk belajar suatu budaya tertentu. Ini karena di zaman modern ini, hampir setiap bangsa di dunia terpengaruh dengan adanya unsur akulturasi ini. Tak hanya di Indonesia, di berbagai belahan penjuru dunia ini juga mengalami fenomena yang terkait dengan akulturasi ini.

geisha-884684_1280

Arti Kata Akulturasi

Sebelum kita sampai pada pengertian dan contoh Akulturasi, baiknya lebih dulu kita memahami apa arti kata akulturasi itu sendiri. Menurut kamus, akulturasi itu adalah kata benda yang memiliki dua makna. Pertama: akulturasi adalah suatu proses adaptasi ciri budaya atau tatanan sosial pada sebuah grup masyarakat yang lainya. Arti kata akulturasi yang kedua adalah: hasil dari proses akulturasi itu sendiri.

Pendapat yang sedikit berbeda mengenai arti kata akulturasi bisa dilihat di kamus Miriam Webster. Makna kata akulturasi yang pertama dalam kamus Miriam Webster menyebut akulturasi sebagai modifikasi budaya dari suaru individu, grup atau orang-orang dengan mengadaptasi atau meminjam ciri dari budaya yang lainya. Dapat berarti juga sebagai budaya yang muncul akibat suatu hubungan yang berkesinambungan. Sedangkan arti kata akulturasi yang kedua bermakna sebagai proses dimana orang mempelajari suatu budaya atau pola kemasyarakatan sejak masih bayi/balita.

polynesian-1099829_1280

Makna dan Pengertian Akulturasi

Ada banyak definisi dan pengertian dari akuturasi itu sendiri. Pengertian akuturasi pun sebenarnya tak banyak berbeda dengan apa yang bisa dilihat dari beberapa makna diatas. Namun sebelum kita mmebahasa mengenai pengertian akulturasi secara keseluruhan, kita harus tahu bahwa kata dasar dari istilah ini adalah culture atau budaya.

Apakah budaya itu? Secara sederhana kita bisa mengatakan bahwa budaya adalah  suatu cara tertentu yang mempengaruhi cara suatu individu untuk bicara, bersikap, merayakan hari besar, dan menunjukkan bagaimana cara mereka untuk beribadah. Dan tentu saja ketika bicara mengenai budaya, kita  bukan hanya satu tapi ratusan dan banyak lagi jenis budaya dari setiap kelompok masyarakat yang ada di dunia ini.

Singkatnya kita bisa mengatakan bahwa akulturasi adalah percampuran, peleburan dan penggabungan dua budaya yang akhirnya menciptakan suatu budaya baru tertentu. Pada tingkat kelompok masyarakat tertentu, akulturasi tak jarang sering menyebabkan perubahan budaya, adat istiadat, dan lembaga sosial. Sedangkan pada individu yang mengalami akulturasi, maka akan terlihat perubahan cara pandang, cara bicara, budaya, sikap dan tindakan sehari-hari dan sangat berhubungan dengan psikologis dan kondisi fisik orang tersebut.

Dengan kata lain bisa kita simpulkan bahwa ketika orang atau sekelompok masyarakat tertentu secara perlahan merubah gaya hidup atau kebiasaan mereka, dan berpindah mengadaptasi gaya hidup, cara pandang dan cara bicara suatu budaya yang lainya; bisa dipatikan mereka mengalami akulturasi ini.

haemieupseong-953103_1280

Teori-teori yang berhubungan dengan konsep Akulturasi

Akulturasi tentu tak datang dengan tiba-tiba atau sendirinya. Ada banyak hal atau terori yang memungkinkna munculnya pengertian dan contoh akulturasi ini.

  • Bahasa menjadi faktor utama penentu terjadinya akulturasi ini. Ahli teori sosial John Schumman menyebutkan bahwa bahasa berperan sangat penting dalam proses akuturasi ini. Sebagai contoh, Anda adalah orang Indonesia yang memutuskan untuk jadi TKI atau TKW ke China. Maka Anda harus belajar dan mampu menguasai bahasa Mandarin untuk bisa berkomunikasi dan hidup dengan nyaman di sana.
  • Sekedar belajar bahasa asing belum bisa membuat Anda sedang mengalami proses akulturasi. Untuk lebih mudah memahami dan menguasai bahasa asing ini, Anda harus tinggal dan hidup di lingkungan orang tersebut. Jika mampu membaur atau menyatu untuk mempelajari bahasa asing ini, maka proses akulturasi sudah mulai terjadi.
  • Cara terbaik untuk memahami akulturasi adalah dengan cara pindah atau meninggalkan negara asal Anda ke negara lain yang masih sangat asing untuk Anda, dan tinggal bersama dengan suku asli bangsa tersebut. Proses ini disebut sebagai immersion atau peleburan dan pembauran. Ketika Anda ingin membaur pada suatu budaya baru tertentu, maka cara yang paling mudah adalah dengan hidup langsung bersama dan merasakan budaya baru yang ingin Anda dalami ini.
  • Terkadang proses akulturasi tidak melulu Anda harus belajar bahasa asing tertentu. Cukup hanya dengan memahami beberapa makna kata tertentu, dan beradaptasi dengan dialek lokal bisa termasuk dalam proses akulturasi ini. Contohnya, Anda orang Indonesia yang harus pindah ke Malaysia. Anda tentu tak harus mengubah keseluruhan gaya bicara atau bahasa, sebab Malaysiapun memiliki bahasa yang sama dengan Indonesia. Tapi untuk melakukan akulturasi dan bisa diterima masyarakat sekitar, Anda harus berusaha berbicara dengan dialek Melayu yang ada di Malaysia.
  • Akulturasi selalu berhubungan dengan yang namanya asimilasi. Asimilasi adalah proses dimana Anda mempelajari budaya baru tersebut, dan menjadikanya budaya Anda saat ini. Orang yang sepenuhnya sudah mengalami asimilasi ini akan mengambil seluruh ciri budaya baru yang dimasukinya ini.
  • Selain asimilasi, integrasi juga berhubungan dengan pengertian dan contoh akulturasi. Dalam terori intergrasi ini, Anda tak harus melakukan asimilasi untuk bisa disebut mengalami proses akulturasi ini. Cukup mengikuti upacara adat tertentu, dan bergaul dengan penduduk lokal saja. Asimilasi dan intergrasi sendiri membutuhkan waktu yang sangat panjang dan lama bagi mereka yang mengalaminya.

hainan-1182648_1280

Contoh-contoh akulturasi

Setelah kita memahami konsep di atas, beberapa ilustrasi berikut ini mungkin akan lebih membantu anda memahami pengertian dan contoh akulturasi.

  • Seorang cucu imigran China yang ada di Amerika pergi ke sekolah dan kuliah bersama para remaja Amerika lainya. Kini dia banyak menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman Amerikanya. Berdandan seperti mereka dan berbicara dengan gaya mereka pula. Tak hanya itu, dia pun membawa budaya teman-teman Amerikanya itu ke rumah dan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan dia kini mengalami proses akulturasi ini.
  • Seorang remaja Indonesia sangat tergila-gila dengan boy band dan girl band Korea. Tak hanya mencoba untuk mengetahui segala yang berhubungan dengan idolanya, dia pun kini mulai belajar bahasa Korea untuk memahami apa yang dinyanyikan oleh sang idola. Setelah itu, budaya Korea mulai dari kuliner hingga gaya hidupnya menarik minat remaja ini untuk belajar. Karena itulah dia mulai suka mengkonsumsi kimchi, fasih berbahasa Korea dan berdandan layaknya sang idola.
  • Seorang Amerika sangat suka membaca manga dan menonton anime. karena itulah dia mulai belajar bahasa Jepang dan bahkan ikut even cosplay, yang membuatnya berdandan dan berbicara mirip dengan tokoh anime atau manga Jepang idolanya.

Pencarian Terkait:

Tags: #amerika #asia #bangsa #eropa #Negeri

Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial mungkin
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian informasi mungkin jadi hal yang tak
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Untuk memperingati hari kesaktian pancasila yuk mari
Macam Macam Demokrasi
Macam Macam Demokrasi
Demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang

Comments are closed.

Must read×

Top