Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku

Disini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cirri-ciri tumbuhan paku yang mungkin biasa Anda temui. Tumbuhan paku memiliki nama lain sebagai pteridophyta. Istilah tersebut sendiri ternyata berasal dari bahasa Yunani. Bagi yang belum paham atau mungkin sudah lupa seperti apa tumbuhan paku ini maka tentu saja mengenal mengenai cirinya lebih lanjut akan menjadi sebuah hal yang sangat menarik.

Sistem pada tumbuhan paku ini adalah system pembuluh sejati. Hanya saja yang unik dari tanaman ini adalah karena tidak adanya biji yang tersedia untuk membuatnya bisa berkembang biak. Tumbuhan ini berkembang biak dengan menggunakan spora. Di seluruh bagian di bumi ini tumbuhan paku bisa tumbuh dengan sangat subur. Hanya ada 2 tempat yang tumbuhan ini tidak bisa tumbuh yaitu di daerah dengan salju yang abadi dan di daerah gurun yang kering dan tandus.

Mengenal Ciri-ciri Tumbuhan Paku

Ada banyak sekali ciri khas untuk tumbuhan paku. Ciri-ciri tumbuhan paku disini diharapkan bisa memberikan informasi  yang bermanfaat untuk Anda. Tumbuhan paku ini juga bisa bertumbuh dengan sangat baik pada daerah dengan iklim yang cukup tropis dan juga di daerah lembab yang basah.

Biasanya Anda bisa dengan mudah menemukan beraneka macam tumbuhan ini di tempat seperti pinggiran danau, lantai pada hutan yang lembab dan basah namun tidak becek, batang pepohonan, tebing dan juga bebatuan.

Dengan mengetahui mengenai ciri-ciri tumbuhan paku disini maka Anda juga akan tahu apa saja yang berpengaruh terhadap habitat hidup tumbuhan ini termasuk bagaimana bisa tumbuhan paku hidup subur di daerah yang berbeda-beda.

Salah satu hal yang berpengaruh pada tumbuhan paku adalah kecukupan atas cadangan air yang akan membantu sekali disaat sel sperma tumbuhan ini berjalan bergerak perlahan menuju ke sel telur untuk kemudian dibuahi.

Ciri-ciri tumbuhan paku yang paling mudah terlihat adalah dengan adanya kormus yang sudah terbentuk pada bagian tubuhnya. Selain itu tumbuhan ini juga memiliki daun sejati, batang dan juga akar. Daunnya sendiri bentuknya akan seperti sirip dan jika dilihat sekilas maka daun ini bentuknya seperti menyerupai bulu-bulu halus.

Di Indonesia tumbuhan ini juga sangat dikenal dengan nama lain pakis. Sejak 360 juta tahun lalu tumbuhan pakis ini sudah eksis di dunia. Beberapa masyarakat sering juga menggunakan pakis sebagai salah satu tanaman untuk menghias rumah atau acara dengan dipadukan bersama bunga atau dedaunan lainnya.

Berikut beberapa cirri-ciri tumbuhan paku yang bisa Anda ketahui:

Kormophyta Berspora

Walaupun tumbuhan paku hidup di tempat lembab dan sedikit basah namun ini adalah tanaman yang berbeda jenisnya dengan tanaman lumut. Tumbuhan paku sudah memiliki tubuh lengkap antara batang dedaunan dan juga bagian akar.

Pembuluh Darah

sumber: britannica.com

Ciri-ciri tumbuhan paku yang berikutnya adalah yang berikutnya adalah adanya pembuluh darah angkut pada bagian akar, daun dan juga batang. Pembuluh darah ini memiliki fungsi untuk membantu mengangkut garam dan juga air yang berasal dari akar kemudian akan disalurkan ke bagian daun untuk proses fotosintesis. Kemudian yang memiliki tugas untuk mengedarkan hasil fotosintetis ke semua bagian dari tanaman ini adalah pembuluh floem.

Fase Generasi

Berikutnya adalah adanya 2 buah fase generasi pada tumbuhan paku ini. Yang pertama adalah sporofit yang berfungsi sebagai penghasil spora lalu yang kedua adalah gametofit yang berfungsi sebagai penghasil sel kelamin tumbuhan itu sendiri.

Memiliki beberapa fungsi

Ciri-ciri tumbuhan paku yang berikutnya adalah adalah mengenai fungsinya. Yang pertama, tumbuhan ini memiliki fungsi sebagai daun tropofil dan yang kedua memiliki fungsi sebagai daun sporofil.

Bentuknya

Tumbuhan paku atau pakis ini memiliki bentuk seperti daun dengan ukuran yang kecil namun ada juga daun dengan ukuran yang cukup besar. Namun, pada saat usia tanaman ini masih cukup muda maka daunnya akan berbentuk cukup unik. Daun tanaman paku muda akan lebih bersisik dan juga berbentuk menggulung.

Cara Hidup

Ini merupakan sebuah tumbuhan yang cukup unik dimana memiliki habitat hidup yang bisa di bagian darat, ada juga yang bisa hidup dengan cara menempel pada bagian tertentu. Pada daerah basah dan lembab akan sangat baik untuk membuat tanaman ini bisa tumbuh dengan subur. Tanaman ini juga bisa bereproduksi. Hanya saja tanaman pakis bisa bereproduksi dengan cara aseksual.

Caranya adalah dengan pembentukan gemmae dan juga melalui proses peleburan gemmae betina dan juga gemmae jantan. Ciri-ciri tumbuhan paku berikutnya adalah adanya zat hijau daun atau klorofil pada tanaman ini yang membuatnya memiliki cara hidup bernama fotoautotrof.

Tumbuhan paku adalah tanaman yang unik dan istimewa. Tanaman ini bahkan bisa membuat makanan untuk dirinya sendiri. Caranya adalah dengan melakukan proses fotosintesis. Ada beberapa contoh untuk tumbuhan paku seperti suplir dan juga tanaman yang bernama paku tiang.

Di beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera tanaman bernama suplir menjadi cukup favorite dan banyak dipelihara oleh masyarakatnya. Walaupun hanya seperti daun namun tanaman pakis dengan jenis suplir ini memiliki pesonanya sendiri. Tumbuhan ini memiliki ciri fisik yang sangat khas sehingga sangat berbeda dengan tumbuhan jenis lainnya yang mungkin sudah sering Anda temui.

Untuk karakteristik tumbuhan paku sendiri adalah seperti berikut ini:

  • Tumbuhan ini memiliki dinding sel yang terdiri dari bagian yang bernama selulosa. Kemudian, tumbuhan ini juga masuk ke dalam salah satu organisme yang bernama multiseluler dimana sel tumbuhan ini memiliki sifat sebagai dinding inti.

Tumbuhan paku ini hadir dalam beberapa jenis yang berbeda yaitu:

  • Paku kawat atau dengan nama lain Lycophyta yang memiliki contoh tumbuhan paku tanduk rusa.
  • Paku sejati dengan nama Pterophyta yang secara fisik bentuknya sangat mirip dengan tanaman pakis atau paku tiang.
  • Paku ekor kuda

Ciri-ciri tumbuhan paku diatas cukup mudah untuk Anda mengerti dan pastinya ketika secara langsung bertemu dengan tumbuhan tersebut di alam bebas Anda secara langsung akan tahu bahwa tumbuhan tersebut bernama tumbuhan paku.

Tumbuhan paku ini sendiri hadir di dunia bukan tanpa manfaat, Mungkin masih banyak yang belum mengetahui akan manfaat dari tumbuhan paku ini namun sebenarnya di beberapa daerah di Indonesia tumbuhan ini sudah tidak lagi asing dan banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Saat ini, mungkin akan sedikit semakin sulit menemukan tumbuhan paku karena memang alam Indonesia sudah semakin terkikis dan terganti dengan banyaknya gedung bertingkat yang semuanya terbuat dari beton permanen.

Namun, banyak juga daerah yang masih menjaga kelestariannya untuk membiarkan ekosistem alam dan aneka flora fauna bisa tetap eksis di dunia ini dan hidup berdampingan dengan makhluk hidup lainnya. Semoga informasi mengenai ciri-ciri tumbuhan paku bisa bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel bangkudepan lainnya.

Pencarian Terkait:

Tags: #alam #belajar #IPA #makhluk hidup #science #SD #Sekolah #SMA #SMP #tumbuhan

Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku-pakuan bukanlah jenis tanaman yang asing
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Ada banyak sekali jenis tumbuhan di dunia
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
Nama tumbuhan paku mungkin sering Anda dengar.
Inilah Contoh Contoh Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Sporanya
Inilah Contoh Contoh Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Sporanya
Tumbuhan paku memiliki ciri khas yang bisa

Comments are closed.

Must read×

Top