Begitu Banyak Manfaat Musik dalam Kehidupan

Musik adalah suatu karya seni komposisi yang tercipta dari pikiran dan perasaan manusia sehingga mampu dipahami oleh manusia yang lain. Menurut Aristoteles, musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme. Dari pendapat Aristoteles dapat disimpulkan, dalam kehidupan manusia tidak hanya dihadapkan pada keadaan yang membahagiakan saja, tetapi juga dihadapkan pada situasi yang menyedihkan.

Musik mampu mempengaruhi suasana batiniah manusia, baik itu senang maupun sedih, sesuai keadaan hati manusia. Dengan mendengarkan musik, manusia yang tengah merasa gundah, galau, dan resah dapat menjadi tenang, nyaman dan damai. Dari rasa tenang, nyaman dan damai tersebut, segala pikiran dapat menjadi segar kembali serta memberikan semangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Mendengarkan musik juga dapat mengurangi kekhawatiran dan ketegangan saat akan melakukan suatu kegiatan yang dianggap penting. Peneliti dari Science University of Tokyo menyebutkan bahwa musik dapat membantu menurunkan tingkat stress dan gelisah. Jadi dapat disimpulkan bahwa menjalani aktifitas dengan mendengarkan musik mampu membuat suasana menjadi rileks dan tenang, sehingga aktifitas lebih menggairahkan untuk dilakukan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan mendengar musik klasik adalah salah satu cara yang baik untuk menghilangkan depresi. American Society of Hypertension mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik selama 30 menit dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini menilik dari cirri-ciri musik klasik, yaitu bentuk musiknya yang simetris dengan frase yang lebih pendek dan berakhir pada kadens yang jelas, membuat musik klasik lebih ringan untuk diperdengarkan. Gaya melodi yang ramping dengan identitas tematik yang jelas serta harmoni yang lebih sederhana pada musik klasik dapat mudah direncana dengan baik oleh otak. Musik klasik sendiri sering disebut dengan musik absolut atau musik sempurna dikarenakan musik ini tidak dapat mengacu pada kepentingan lain selain untuk estetika musik itu sendiri.

Ternyata  bukan hanya musik klasik saja yang dapat menimbulkan ketenangan. Musik easy listening pun mampu menurunkan stress  dan memberikan ketenangan bagi pendengarnya. Terlebih pada musik yang menjadi favorit, ketika mendengarkan musik yang disukai, otak mengeluarkan hormone dopamine yang mampu menimbulkan rasa nyaman dan ketagihan.

Musik juga berkaitan dengan kesehatan. Kekuatan yang dimiliki musik mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah sesuai frekuensi, tempo, dan volumenya. Ketika tempo dalam musik melambat secara otomatis denyut jantung ikut melambat dan tekanan darah menurun, sehingga pendengar pun ikut dalam suasana rileks dan tenang. Sedangkan ketika musik dengan tempo cepat, secara psikologis dapat meningkatkan adrenalin, tingkat produktivitas, motivasi, serta gerak seseorang.

Musik sangat mempengaruhi sistem saraf otonom pada manusia. Sistem saraf otonom adalah bagian sistem saraf yang bertanggungjawab mengontrol tekanan darah, denyut jantung dan fungsi otak. Sistem inilah yang mengendalikan perasaan serta emosi manusia, sehingga seseorang yang tadinya gamang, frustasi, marah yang mengakibatkan otot-otot menegang menjadi lebih rileks dan tenang secara fisik dan mental.

Menumbuhkan kecerdasan otak manusia dapat juga melalui kegiatan mendengarkan musik. Anak-anak yang gemar belajar musik diketahui memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak belajar musik, sehingga anak yang gemar belajar musik cepat memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Menurut penilitian, anak usia berusia 4-5 tahun yang gemar bermain musik memiliki kemampuan kognitif yang kuat saat dewasa kelak. Musik juga dipercaya dapat mencegah kehilangan daya ingat dengan cara memperbaiki kerusakan otak ringan sehingga dapat menggali ingatan masa lalu. Para peneliti menyebutkan bahwa seseorang yang kehilangan daya ingat dapat peka merespon lebih baik terhadap jenis musik kesukaannya. Namun bagi manusia normal, mendengarkan jenis musik lebih dari satu diyakini dapat memiliki kecenderungan lebih cerdas. Kreatif dan memiliki pemikiran yang terbuka.

Motivasi seseorang juga dapat dipengaruhi oleh musik. Dengan mendengarkan musik, seseorang yang tadinya tidak bergairah melakukan pekerjaannya menjadi bergairah untuk menyelesaikan tugas-tugasnya maupun melakukan aktivitas yang lain. Misalnya, seseorang yang sedang lesu dan tidak bersemangat bisa saja bersemangat kembali ketika mendengarkan lagu bernuansa riang ataupun lagu yang membakar semangat. Begitu pula sebaliknya.

Dapat disimpulkan bahwa musik memang amat berpengaruh dalam kondisi suasana hati seseorang, sehingga selain mencerdaskan pikiran, musik juga mampu memahami emosional manusia. (Gunindera Awan)

Pencarian Terkait:

Tags: #musik

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "Begitu Banyak Manfaat Musik dalam Kehidupan"

Must read×

Top