Beasiswa Pemerintah Rumania 2015/2016

Peluang menarik ditawarkan Pemerintah Rumania bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi sarjana maupun pascasarjana di universitas-universitas Rumania. Tahun ini Kementerian Luar Negeri (MFA) dan Kementerian Pendidikan Nasional (MNE) Rumania menyediakan 85 beasiswa international yang bisa diperebutkan mahasiswa asing, termasuk dari Indonesia.

Prioritas diberikan kepada pelamar non Uni Eropa terutama negara yang tidak memiliki perjanjian kerjasama budaya dan pendidikan.Beasiswa terdiri dari tiga jenjang, yakni licenta yaitu beasiswa bagi lulusan SLTA/sederajat untuk melanjutkan studi sarjana di universitas Rumania. Beasiswa ini berdurasi 3 sampai 6 tahun bergantung pada jurusan yang diambil. Kemudian master, beasiswa ini ditujukan bagi lulusan sarjana yang ingin mengambil gelar master berdurasi 1,5 hingga 2 tahun di universitas-universitas Rumania.
Skema ketiga yaitu doctorate, yakni beasiswa bagi para lulusan S2 yang ingin mengambil gelar PhD atau doktor di Rumania. Durasinya 3 – 4 tahun.
Jika Anda berhasil mendapatkan beasiswa Rumania 2015-2016 ini, fasilitas yang diperoleh di antaranya bebas biaya kuliah di Rumania, bebas biaya akomodasi di asrama mahasiswa, tunjangan bulanan 65 Euro per bulan untuk jenjang sarjana, 75 Euro per bulan untuk master dan spesialisasi, dan 85 Euro per bulan untuk gelar doktor.
Biaya lain, seperti biaya makan, transportasi lokal dan internasional, dan yang lain harus disediakan sendiri bagi penerima beasiswa.
Prioritas akan diberikan bagi pelamar yang mendaftar untuk program studi ilmu politik dan administrasi, pendidikan, budaya dan peradaban Rumania, jurnalisme, teknik, minyak dan gas, pertanian, kedokteran hewan, arsitektur, seni, dan musik.
Perkuliahan menggunakan bahasa Rumania. Mereka yang tidak memahami bahasa Rumania akan ditawarkan pelatihan bahasa Rumania selama setahun. Sedangkan, mereka yang menyatakan sudah tahu harus lulus tes bahasa yang diselenggarakan perguruan tinggi kompeten di Rumania.
Dokumen aplikasi:
1. Surat pengantar dari Kedutaan Besar Rumania
2. Formulir aplikasi MFA (lampiran 1) untuk beasiswa studi di Rumania
3. Formulir aplikasi MNE (lampiran 2) untuk letter of acceptance (LoA) di Rumania
4. Salinan resmi dokumen studi (ijazah dan transkrip) serta terjemahan resmi dalam bahasa Rumania, Prancis, atau Inggris
5. Salinan resmi dan terjemahan resmi akte kelahiran
6. Salinan resmi paspor
7. Surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa pemohon tidak terkena penyakit menular atau penyakit lain yang tidak sesuai dengan profesi masa depan
8. CV kandidat
9. 4 lembar foto tipe paspor terbaru
*Pengesahan dokumen dilakukan oleh notaris
Pendaftaran:
Aplikasi dapat dikirimkan atau diantar langsung ke Kedutaan Besar Rumania di Jakarta. Aplikasi tersebut nantinya akan diteruskan pihak kedutaan ke Kementerian Luar Negeri Rumania. Pendaftaran mulai dibuka 3 Desember 2014 dan paling lambat diterima Kementerian Luar Negeri Rumania 15 Maret 2015. Ajukan aplikasi sebelum deadline. Kirim ke:
Romanian Embassy in Indonesia
Jl. Teuku Cik Di Tiro No. 42 A, Menteng, Jakarta Pusat 10310
Phone: +62 21 3900489; +62 21 3106240
Fax: +62 21 3106241
Website: jakarta.mae.ro
E-mail: [email protected]
Aplikasi yang diterima akan diseleksi oleh Dewan Seleksi MFA kemudian dikirimkan ke Dewan Seleksi MNE untuk diseleksi kembali. Kriteria seleksi berdasarkan kompetensi dan pilihan studi prioritas.Hasil seleksi akan diumumkan melalui kedutaan pada 25 Juni 2015.
Jika terpilih, MNE akan mengeluarkan letter of acceptance untuk studi di Rumania. Surat ini juga akan menyebutkan persiapan tambahan untuk belajar bahasa Rumania dan lembaga akademik atau perguruan tinggi tempat kuliah berlangsung.Semua kandidat harus datang ke Kedutaan Besar Rumania di Jakarta untuk memperoleh surat pengantar dari kedutaan. Aplikasi beserta dokumen diajukan sendiri melalui kurir khusus (DHL, UPS, dll) langsung ke:Ministry of Foreign Affairs of Romania
Public, Cultural and Scientific Diplomacy Directorate
31, Aleea Alexandru Street, Bucharest 011822

*Silakan unduh formulir aplikasi yang dibutuhkan, formulir 1, formulir 2, dan daftar universitas Romania.

Pencarian Terkait:

Tags: #beasiswa #Rumania

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa
Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa
Surat rekomendasi beasiswa merupakan salah satu hal
Kabar Baik: Beasiswa StuNed Diperpanjang hingga April
Kabar Baik: Beasiswa StuNed Diperpanjang hingga April
Tenggat waktu pendaftaran program beasiswa Studi di
Studi Ke Belanda : Cari Kampus Dulu atau Cari Beasiswa Dulu?
Studi Ke Belanda : Cari Kampus Dulu atau Cari Beasiswa Dulu?
Untuk studi di luar negeri, tahapan pertama

Comments are closed.

Must read×

Top