Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya

Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada manusia mari kita uraikan satu persatu definisinya. Anatomi berasal dari bahasa latin yaitu Ana yang berarti bagian dan tomi yang berarti memotong. Sistem pencernaan merupakan sistem yang berada dalam organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai menerima makanan, menyerap zat gizi dan membuang makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jadi anatomi sistem pencernaan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang susunan dan bagaimana organ pencernaan tersebut dapat berfungsi.

Anatomi sistem pencernaan bisa Anda pelajari secara detail jika ingin mengetahui secara mendalam tentang bagian dan fungsi pada sistem pencernaan. Perlu diketahui bahwa bagian utama dalam sistem pencernaan adalah saluran pencernaan atau dalam istilah kedokterannya adalah saluran gastrointestinal.

Saluran ini berbentuk seperti tabung yang panjangnya dari mulut hingga ke anus. Untuk lebih lengkapnya mari perhatikan bagian dan fungsi dari masing-masing organ dalam sistem pencernaan.

Anatomi Sistem Pencernaan

Pada bagian ini akan diberikan penjelasan detail tentang masing masing organ anatomi, mulai dari mulut hingga anus.

  1. Mulut

sistem pencernaan manusia

Mulut merupakan bagian anatomi sistem pencernaan pertama yang merupakan rongga terbuka dan berfungsi sebagai masuknya makanan. Organ pencernaan yang pertama ini berada di kepala dan menjadi organ yang bertanggung jawab dalam permulaan pencernaan yang berakhir di anus.

Ketika makanan masuk ke dalam mulut maka gigi memulai fungsinya sebagai pengunyah makanan hingga makanan tersebut menjadi potongan kecil dan halus. Makanan yang dilumatkan oleh gigi juga akan tercampur air liur yang dikeluarkan oleh lidah.

Air liur mengandung enzim lisozim yang berguna untuk menyerang bakteri dan memecah protein. Barulah makanan tersebut bisa Anda telan. Proses menelan berlangsung secara sadar namun setelah itu proses selanjutnya di dalam tubuh akan berjalan secara otomatis.

  1. Faring

anatomi pencernaan manusia

Setelah melewati mulut, bagian anatomi sistem pencernaan yang dilewati oleh makanan adalah faring. Faring terletak pada bagian atas kerongkongan dan menjadi tempat pertemuan antara 2 saluran yaitu saluran pernapasan dan saluran pencernaan yang ditutupi oleh epiglotis.

Faring atau biasa disebut dengan tenggorokan ini terdapat tonsil atau lebih dikenal dengan nama amandel. Pada amandel tersebut terdapat kelenjar limfosit yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap ancaman infeksi yang bisa masuk.

  1. Esofagus
hadijah-arsyad.blogspot.co.id

hadijah-arsyad.blogspot.co.id

Setelah makanan berhasil dilumatkan dan dilewatkan dari kerongkongan maka akan terjadi gerakan peristaltik yaitu gerakan dengan berirama lambat pada otot kerongkongan. Esofagus ini merupakan bagian anatomi sistem pencernaan yang berguna sebagai penghubung antara lambung dan tekak.

Panjang saluran esofagus ini sekitar 25 cm mulai dari faring hingga ke bagian pintu masuk kardiak yang berada di bawah lambung. Di ujung saluran distal esofagus terdapat Lower Esophageal Sphincter yang berfungsi untuk mencegah terjadinya makanan kembali lagi ke tenggorokan.

  1. Lambung

sistem pencernaan pada manusia

Lambung akan tergabung dengan kerongkongan karena berada tepat di bawah diafragma. Diafragma merupakan sebuah katup yang menyerupai cincin otot atau bisa disebut juga dengan spchinter jantung. Ketika bolus hendak lewat maka spchinter akan otomatis menjadi rileks dan secara otomati juga akan menutup kembali dengan cepat. Lambung merupakan bagian anatomi sistem pencernaan yang bentuknya menyerupai kantong yang bisa membesar dan berada di rongga perut paling tinggi.

Partikel makanan yang telah dicerna melewati kerongkongan ini nantinya akan diterima oleh lambung. Di lambung, makanan tersebut akan dicerna kembali dan disimpan. Fungsi otot-otot perut yang tebal tersebut adalah untuk mengaduk makanan yang sekiranya bisa dicampurkan dengan cairan pencernaan lainnya.

  1. Usus Halus
anatomi pencernaan manusia

kelasipa.com

Makanan yang telah disimpan dan dicerna di lambung maka akan dilanjutkan lagi di usus halus. Jarak dari lambung menuju usus halus sekitar 20 meter. Di usus halus ini makanan tersebut akan dicerna lebih lanjut. Bagian anatomi sistem pencernaan yang satu ini terdiri dari beberapa organ lainnya yang turut membantu dalam proses pencernaan makanan diantaranya adalah duodenum, ilenium dan jejunum yang panjangnya sekitar 4 sampai 6 meter.

Untuk proses pencernaan makanan secara kimia lebih banyak dilakukan di duodenum atau usus dua belas jari. Usus dua belas jari ini merupakan bagian dari usus halus yang terhubung ke jejunum atau usus kosong.

  1. Hati
anatomi pencernaan makanan

mypotik.blogspot.co.id

Hati menjadi bagian anatomi sistem pencernaan yang sangat vital. Organ hati menghasilkan empedu yang berguna untuk pencernaan lemak. Empedu yang dihasilkan dari hati tersebut akan disimpan oleh kantung empedu yang bentuknya seperti kantung kecil. Setelah itu barulah empedu tersebut di alirkan menuju ke usus kecil.

Sama halnya dengan hati, pankreas juga menjadi organ pencernaan yang sangat vital karena berfungsi sebagai penghasil campuran enzim yang digunakan untuk pencernaan makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Peran organ hati yang tidak kalah pentingnya adalah dalam melakukan pengolahan terhadap produk dari pencernaan. Semisal menghilangkan kadar glukosa yang terlalu tinggi dalam aliran darah.

  1. Usus Besar
anatomi pencernaan makanan

DosenPendidikan.Com

Usus besar merupakan bagian akhir dalam proses pencernaan. Fungsi utama usus besar adalah menyerap, mengolah dan menyimpan air serta menghilangkan residu. Usus besar dan usus kecil tergabung dan letaknya berada di bagian kanan bawah perut. Usus besar dan usus kecil dipertemukan oleh sebuah organ yang disebut dengan kantung buta atau sekum. Usus besar memiliki panjang sekitar 5 meter dengan bagian yang berbeda-beda.

Ketika makanan telah diproses oleh usus kecil maka selanjutnya dialirkan melewati sekum. Di sekum ini eletrolit dan air akan diserap terlebih dahulu. Baru setelah itu sisa makanan akan diarahkan menuju kolon asendens barulah menuju ke usus besar. Usus besar juga dianggap sebagai kolon karena terbagi menjadi 3 bagian yaitu transversal, asending dan desending.

  1. Anus
anatomi pencernaan manusia

webmd.com

Bagian anatomi sistem pencernaan ini menjadi tempat pembuangan sisa makanan yang tidak dicerna. Anus terbentuk dari sebagian kulit dan sebagian lagi merupakan usus. Pada anus terdapat otot sphinkter yang berfungsi untuk membuka dan menutup anus.

Fungsi utama anus adalah sebagai tempat pembuangan feses yang berasal dari tubuh setelah melewati proses defekasi. Maka selesai sudah proses sistem pencernaan manusia yang awalnya dari melumatkan makanan di mulut hingga mencernanya ke usus besar lalu dibuang melalui anus.

Fakta menarik yang perlu Anda ketahui terkait sistem pencernaan pada manusia ini adalah jika proses pencernaan makanan tersebut dapat diukur maka diperkirakan tahapan dalam mencerna makanan tersebut harus melewati sekitar 30 meter.

Siapa sangka tubuh orang dewasa mampu membuat makanan tersebut diproses sejauh 30 meter. Selain bagian anatomi sistem pencernaan, Anda juga perlu tahu tentang jenis saraf yang membantu dalam proses pencernaan. Saraf tersebut adalah Intrisik dan Ekstrinsik.

Intrisik merupakan saraf yang berada di dalam organ pencernaan yang membentuk jaringan sangat padat di bagian kerongkongan, lambung, usus besar dan kecil. Untuk ekstrinsik merupakan saraf yang berasal dari otak dan sumsum tulang belakang menuju ke organ pencernaan.

Pencarian Terkait:

Tags: #belajar #IPA #pendidikan #sains

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadiĀ beberapa organ tubuh.
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Saluran pencernaan atau dalam nama ilmiah disebut

Comments are closed.

Must read×

Top