Tujuh Alat Pencernaan Manusia dan Fungsi Utamanya

Pencernaan secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengolahan bahan makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagaimana cara kerja sistem pencernaan manusia? Sistem pencernaan pada manusia bekerja dengan bantuan alat pencernaan manusia.

Alat pencernaan ini dimulai dari masuknya makanan hingga keluarnya makanan. Meskipun sekilas terlihat sederhana, alat pencernaan manusia ternyata sangat kompleks. Pada ulasan kali ini, akan dijelaskan 7 alat pencernaan yang sangat penting pada proses pencernaan. Silahkan langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Alat Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Berikut penjelasan detail mengenai masing masing alat pencernaan manusia. Pastinya fungsi dari semua alat pencernaan juga akan dijabarkan dengan selengkap-lengkapnya.

sistem pencernaan manusia

Mulut

Tahap pertama pada sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut. Pada mulut terdapat gigi, kelenjar ludah, dan lidah. Ketiganya memiliki peran masing-masing dalam proses pencernaan manusia. Gigi dan lidah sendiri merupakan alat mekanik yang sangat bermanfaat untuk menghaluskan makanan dengan cara mengunyahnya. Ini termasuk proses pencernaan secara mekanik. Peran gigi adalah memotong dan melumatkan makanan menjadi lebih kecil dan halus. Proses pengunyahan makanan sebaiknya adalah 22 kali supaya mudah dicerna.

Lidah sendiri terletak di rongga mulut. Fungsi lidah sangat penting dalam pencernaan manusia. Alat pencernaan manusia ini berfungsi untuk memindahkan makanan sehingga mudah dikunyah, membantu proses menelan, dan juga sebagai pengenal rasa. Lidah juga sangat peka terhadap panas dan juga dingin.

Kelenjar ludah sendiri berfungsi menghasilkan air ludah. Air ludah sepertinya terlihat tidak berguna, tetapi nyatanya ludah sendiri sangat bermanfaat pada sistem pencernaan. Air ludah fungsinya seperti pelumas yang memudahkan kita dalam menelan. Selain itu, air ludah juga menjadi pelindung mulut terhadap panas dan dingin; asam dan basa; dan penghasil enzim. Enzim yang terdapat dalam ludah adalah enzim ptyalin yang fungsinya untuk memecah karbohidrat menjadi gula (maltosa). Kelenjar ludah ini menghasilkan air ludah dan enzim untuk membantu proses pencernaan secara kimiawi.

Faring atau Tekak

Setelah diproses di dalam mulut, makanan kemudian harus di dorong masuk ke dalam kerongkongan. Pada proses ini terdapat faring atau tekak yang berfungsi mendorong makanan masuk ke dalam kerongkongan. Proses ini dibantu juga oleh otot-otot pada pangkal lidah.

Kerongkongan

Kerongkongan merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk jalan masuknya makanan ke bagian lambung. Gerakan pada alat pencernaan manusia ini dihasilkan oleh otot-otot polos yang melintang dan melingkar yang biasa disebut dengan peristaltik. Gerakan ini dikoordinasikan oleh syaraf otonom.

Ventrikulus (Lambung)

Lambung sering disebut sebagai perut besar yang berfungsi menampung makanan untuk sementara. Lambung sendiri terdiri atas 3 bagian, yaitu fundus, kardiak, dan juga pylorus. Bagian-bagian pada lambung ini akan mendukung fungsi lambung. Pada bagian atas disebut dengan sfinkter kardiak, bagian bawah disebut dengan pylorus yang di dalamnya terdapat pylori.

Dinding lambung menghasilkan sebuah hormon bernama hormon gastrin dan juga menghasilkan getah lambung. Gastrin ini berfungsi untuk merangsang dinding lambung supaya menyekresikan getah lambung. Sementara getah lambung berfungsi untuk mencerna makanan secara kimiawi. Getah lambung terdiri atas enzim pepsin, HCL, lipase, dan juga renin.

Usus Halus

Usus halus sebagai salah satu alat pencernaan manusia yang cukup penting terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan juga usus penyerapan. Dalam usus halus terjadi kembali proses pencernaan secara mekanik. Makanan yang telah dicerna pada lambung akan berubah bentuk menjadi Khim yang kemudian akan masuk ke bagian usus halus sebagai sfinkter pylori. Pada permukaan alat pencernaan ini terdapat tonjolan yang disebut sebagai Vili. Fungsi dari Vili sendiri adalah memperluas jaringan penyerapan usus halus sehingga absorbsi makanan bisa menjadi lebih maksimal.

Usus Besar

Usus besar disebut juga sebagai usus tebal (colon). Usus besar ini ada yang naik, mendatar, dan turun. Di dalam usus besar, sisa-sisa makanan yang telah dicerna akan dibusukkan dengan bakteri. Bakteri yang membusukkan makanan adalah Escherishia Coli. Makanan yang dibusukkan akan menjadi feses. Dalam usus besar ini masih terjadi proses pencernaan mekanik, yaitu proses penyerapan air yang masih tersisa. Hasilnya. Feses pun menjadi padat. Alat pencernaan manusia ini sering kali bermasalah sehingga menghasilkan feses yang encer.

Poros atau Rectum

Bagian terakhir dari proses pencernaan manusia adalah Poros atau Rectum. Feses akan didorong untuk mendekati usus (rectum) sehingga manusia akan muncul rasa ingin buang air besar. Proses ini timbul akibat rangsangan dari poros atau rectum (defekasi). Akhirnya, feses dapat dikeluarkan dari tubuh melalui lubang anus.

Tujuh alat pencernaan seperti yang dijelaskan di atas menjadi bagian penting dalam proses pencernaan. Bagian tubuh yang telah dijelaskan di atas rentan sekali terkena gangguan sehingga menyebabkan sistem pencernaan bermasalah. Penyakit yang timbul pada sistem pencernaan adalah diare, susah buang air besar, dan masih banyak yang lainnya.

Gangguan Sistem Pencernaan

alat pencernaan manusia

Diare

Keluhan ini terjadi akibat adanya iritasi pada selaput dinding usus besar sehingga feses pada penderita diare akan menjadi encer. Keluhan ini juga sering menimbulkan penderita merasa demam dan nyeri pada perut. Diare disebabkan oleh infeksi bakteri shigella.

alat pencernaan manusia

Hepatitis

Hepatitis pada dasarnya merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi virus pada hati. Penderita hepatitis disebabkan oleh masuknya virus ke tubuh melalui makanan atau air.

Maag

alat pencernaan manusia memiliki fungsi dan perannya masing-masing sehingga pencernaan bisa berlangsung seperti apa adanya. Maag menjadi permasalahan umum yang sering diderita sebagian besar orang. Gangguan ini disebabkan oleh meningkatnya asam lambung. Pemicunya bisa dari banyak hal, di antaranya, pola makan yang tidak teratur, stress, tegang, dan lain sebagainya.

alat pencernaan manusia

Kurang Gizi

Penyakit kurang gizi atau malnutrisi merupakan penyakit yang disebabkan karena gangguan pembentukan enzim pencernaan. Orang awam mungkin mengenal penyakit ini sebagai penyakit yang disebabkan karena kurangnya mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Padahal, penyebab kurang gizi tidak hanya kurang nutrisi saja, tetapi juga karena terganggunya pembentukan enzim.

alat pencernaan manusia

Usus Buntu

Usus Buntu menjadi penyakit serius yang menyerang alat pencernaan manusia. Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan apendiks yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada umbai cancing. Penderita usus buntu biasanya diatasi dengan memotong usus yang mengalami masalah tersebut.

Demikian adalah beberapa gangguan kesehatan yang terjadi akibat sistem pencernaan yang bermasalah. Agar tidak mengalami masalah seperti yang dijelaskan di atas, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Makanan yang baik untuk alat pencernaan manusia adalah makanan yang mengandung serat dan antioksidan. Makanan seperti ini bisa diperoleh dari buah dan sayur.

Demikian adalah informasi lengkap mengenai alat pencernaan manusia beserta fungsinya. Dalam ulasan ini juga dilengkapi dengan uraian beberapa gangguan kesehatan yang menyerang alat pencernaan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Pencarian Terkait:

Tags: #IPA #kuliah #pelajaran #Sekolah #sistem pencernaan #SMA #SMP

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada

Comments are closed.

Must read×

Top