6 Jurusan IPA di PTN/PTS yang Menjanjikan Masa Depan

Bagi setiap lulusan SMA/Sederajat pastinya ingin melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi seperti Universitas atau Akademi. Tapi, jangan asal dalam memilih jurusan karena pilihan Anda akan berpengarh terhadap masa depan Anda. Kiat-kiat dan Tips dalam mencari jurusan tentunya diperlukan agar tidak salah dalam memilih Jurusan karena jurusan ini akan menentukan masa depan kita selanjutnya. Karena sebaiknya Anda memilih jurusan kuliah sesuai dengan apa yang Anda sukai sesuai minat Anda. Sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah pada seleksi masuk baik SBMPTN 2015 maupun SBMPTN 2015, ada baiknya anda untuk mengetahui jurusan kuliah IPA yang menjanjikan. jurusan kuliah ini diketahui telah banyak dilirik oleh lulusan Sekolah Menengah Atas saat akan meneruskan pendidikan di Perguruan Tinggi. Berikut adalah data jurusan yang paling menjanjikan dan yang favorit.

PENDIDIKAN DOKTER / Kedokteran UMUM

Peringkat pertama untuk jurusan kuliah IPA terfavorit yang menjamin masa depan dipegang oleh jurusan kedokteran. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. bagi yang ingin memilih jurusan  kuliah ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih Universitas yang memiliki jurusan kedokteran yang berkualitas dan memiliki daya saing.

30dokter

Sudah bisa ditebak. Jurusan di Bidang IPA yang memiliki prospek kerja tertinggi adalah Jurusan Kedokteran mencangkup Kedokteran, dan Kedokteran Gigi. Biasanya setelah lulus, sarjana kedokteran ini akan dikirim ke rumah sakit pemerintah atau swasta. Jurusan Kedokteran ini menjadi salah satu jurusan terfavorit di beberapa universitas sehingga makin menambah popularitas dari Jurusan ini.

Ilmu kedokteran banyak mempelajari tentang cara-cara mendiagnosis (analisa yang menghasilkan kesimpulan tentang penyakit yang diderita pasien) dan mengobati penyakit
serta cara-cara mencegahnya.

Daftar universitas yang terdapat jurusan pendidikan dokter adalah : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNSRI, UNILA ,UI ,UIN Jakarta, UNPAD, UNTAN, UNIB, UNJA, UNSOED, UNDIP, UNS, UGM, UNAIR, UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA UNLAM, UNMUL, UNHAS,UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNCEN

Ilmu Komputer / TEKNIK INFORMATIKA

Jurusan kuliah yang satu ini menempati posisi kedua setelah jurusan kedokteran. Tentu saja, karena perkembangan teknologi komputer saat ini cukup pesat sehingga banyak orang yang memiliki kemampuan komputer sangat dicari. Yang membuat jurusan kuliah ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan komputer berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi, dimanapun itu baik didalam Negeri maupun luar Negeri.

internet-lares-ibge

Teknik informatika adalah kumpulan disiplin yang mengolah fakta simbolik dengan menggunakan hardware (komputer), software (perangkat lunak) dan brainware (pemakai). Kelompik bidang keahlian teknik informatika adalah rekayasa perangkat lunak dan sistem
informasi, grafik dan intelegensia buatan, sistem jaringan komputer terdistribusi, kontrol
robotika dan komputer

Daftar Universitas yang terdapat jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika adalah UNSOED, UNDIP, UNS, UGM, UIN Yogya, ITS, UNIJOYO, UB, UIN Malang, UNUD, UNPAR, UNLAM, UNMUL, UNHAS, UIN Makasar, UNHALU

Teknik Pertambangan & Perminyakan / FTTM

Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di Cepu serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Teknik Pertambangan & Perminyakan, Teknik Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Jurusan-jurusan itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan akan driller dan miner semakin banyak.

IMG_0202

Sesuai dengan namanya Program Studi (prodi) Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral berharga dan batubara. Untuk melakukan proses penambangan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti ilmu tentang mineral yang akan ditambang, misalnya sifat mineral yang akan ditambang itu seperti apa ? Kemudian kegunaannya untuk apa saja ? Bagaimana cara mengolahnya agar bisa dimanfaatkan oleh manusia?

Program studi ini mempelajari ekplorasi mineral bumi mulai dari analisa investasi sampai
pengolahan bahan galian. Pengetahuan tentang struktur geologi penting di program studi
ini selain fisika yang berhubungan dengan sifat-sifat mineral bumi

Daftar Universitas/ Institut  yang terdapat jurusan Teknik Pertambangan / FTTM adalah : UNP, UNSRI, ITB, UNDANA, UNPAR, UNLAM, UNMUL, UNHAS, UNCEN

Teknik Sipil

Proyek-proyek pemerintah dan swasta yang sekarang semakin menjamur, juga semakin banyaknya pihak yang ingin membangun infrastruktur berbasis Eco-living membuat para lulusan teknik sipil dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan kontraktor.

1a

Teknik Sipil mempelajari perencanaan lengkap konstruksi bangunan, jembatan, gedung, jalan dan sebagainya. Selain itu sarjana teknik sipil juga diajarkan pelaksanaan pengawasan dan pengelolaan bangunan. Belajar di Prodi ini akan akan kental dengan pelajaran fisika, terutama fisika keseimbangan dan mekanika selain matematika dan statistik.

Daftar Universitas/ Institut  yang terdapat jurusan Teknik Sipil : UNSIAS, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTAN, UNTIRTA, UI, IPB, UPI, IPB, ITB, UNSUD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UB, UNEJ, UNUD,UNRAM, UNDANA, UNPAR, UNLAM,UNESA, UBT, UNHAS.

Teknik Mesin

Jurusan yang satu ini juga tak kalah banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan honor yang cukup tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan kuliah ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.

5

Program studi ini mempelajari konstruksi dan perancangan kerangka mesin, komponen, dsb. Pada program studi ini juga dipelajari rekayasa mesin konversi energi untuk pembangkit tenaga listrik dengan berbagai bahan bakar dan teknik produksi dan asembling. beberapa perguruan tinggi masih memasukan rekayasa material (pembuatan material dengan sifat-sifat yang diinginkan seperti tahan panas, tahan goncangan, tahan asam, dsb) kedalam teknik mesin

Daftar Universitas/ Institut  yang terdapat jurusan Teknik Mesin : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAN, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTIRTA, UI, ITB, IPB, UBB, UNDIP, UNS, UGM, ITS UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UNLAM, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT UNPATI, UNKHAIR, UNCEN

Teknik Elektro / STEI

Untuk bidang jurusan teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah jurusan teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget. Tidak heran jurusan ini mampu masuk dalam daftar 10 besar jurusan kuliah yang paling diminati.

IMG_69301

Sumber: infosbmptn.com

Pencarian Terkait:

Tags: #jurusan IPA #Masa depan Menjanjikan #SBMPTN 2015

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara
  1. Inilah Passing Grade untuk SBMPTN 2015 | Bangku Depan9 months ago

    […] Pendidikan Dokter – – UI (59,8%) […]

    Reply
  2. Awan8 months ago

    Untuk teknik informatika sendiri propek kerja ke depan nya dimana saja ya? Dan apakah di teknik pertambangan dan perminyakan hanya untuk laki-laki saja?

    Reply

Leave a reply "6 Jurusan IPA di PTN/PTS yang Menjanjikan Masa Depan"

Must read×

Top