30 Paspor di Kelas Profesor : Pembelajaran Penuh Makna

“Melepas Kodi Dan Mengajarkan Rajawali Terbang”. Inilah judul untuk pengantar buku 30 Paspor Di Kelas Sang Profesor. Beruntung sekali para mahasiswa ini berkesempatan berguru dan belajar pada seorang tokoh perubahan. Cara memberikan tugas pun unik. Memberikan tenggat waktu 1.5 bulan untuk bepergian (jalan-jalan) ke luar negeri sendirian. Masing-masing mahasiwa harus pergi ke negara yang bukan serumpun dan harus berbeda tujuannya.

Tujuan memberi tugas ini untuk mengaktifkan Self Driving, kemampuan untuk men-drive diri untuk menemukan pintu keluar dari kesulitan yang dihadapi. Inilah yang disebut sebagai kemampuan metakognisi.

Ketika kita nyasar di wilayah baru yang asing,dan sendirian, kira-kira apa yang bisa kita lakukan. Otak kita akan aktif mencari solusi. Itu yang saya bayangkan, dan membuat saya bergegas menyusun itinerary untuk melakukan hal yang sama sebagai bagian “kurikulum” pelajaran kehidupan saya.

Apa sebenarnya yang bisa kita pelajari dari kesasar? Dalam pengantarnya, Prof. Rhenald mengutip filsafat Columbus (penemu benua Amerika) : “Kalau saya tak pernah mau kesasar, kalian tak akan pernah menemukan jalan baru (jalan penemuan Tanjung Harapan yang posisinya lebih dekat dengan India)”.

Kesasar sebenarnya sebuah metafora dari kesulitan hidup. Kita tahu sendiri, jutaan manusia Indonesia (termasuk saya) sangat takut menjelajahi dunia baru. Bepergian saja harus mencari teman, berlibur pun ke tempat yang sama. Padahal kesulitan hidup mampu mengubah karakter manusia menjadi lebih petarung. Laut yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang handal. Orang yang terperangkap dalam kenyamanan adalah cermin kemalasan berpikir.

Dalam menggagas konsep paspor yang diwujudkan dalam tugas jalan-jalan ke luar negeri sendirian, ternyata bukanlah hal mudah bagi Prof. Rhenald Kasali dan tentu saja mendapat banyak tantangan, seperti diadili teman sejawat, dimarahi orang tua, termasuk pengusulan gelar guru besar yang terhambat. Tetapi kesalahan yang ditumpahkan akhirnya berbuah manis ketika para “burung dara” ini akhirnya bertransformasi menjadi Rajawali melalui pengalaman perjalanan ini.

Buku ini sendiri disusun oleh salah seorang mahasiswanya,yang bernama J.S Khairen. Berisi kumpulan reportase perjalanan 30 mahasiswa di kelas Pemasaran Internasional (kelas asuhan Prof. Rhenald Kasali), yang terbagi menjadi dua sekuel. Saya baru membaca buku pertama yang berisi 17 reportase. Itu berarti 13 sisanya seharusnya ada di buku kedua.

Kalau boleh jujur, isi bukunya sendiri justru tidak sesuai ekspektasi saya, walaupun beberapa kisah perjalanan cukup memberi nilai yang diharapkan. Tujuan tugas jalan -jalan ini seharusnya tak sekedar reportase perjalanan dan urusan bagaimana menaklukkan rasa takut jika kesasar sendirian di negeri orang. Namun seharusnya juga jerih payah bagaimana para mahasiswa ini mendapatkan dana untuk bisa berangkat.

Dalam artikel Paspor yang pernah Prof. Rhenald tulis, pertanyaan mahasiswa pertama kali ketika diberi tugas ini adalah “Uang untuk beli tiketnya darimana”? Dan beliau mengatakan, hanya orang bodohlah yang selalu memulai pertanyaan hidup atau misi kehidupan dan tujuannya dari uang.

Nyatanya dari 17 cerita yang ada disini hanya dua orang yang menjelaskan bagaimana mereka mendapatkan dana dan dengan jerih payah sendiri. Salah satunya melalui sponsorship. Ide yang cerdas.

Dari semua mahasiswa disini saya juga sudah bisa menilai, siapa-siapa yang sudah mempunyai self driving. Karena beberapa justru hanya sekedar pelancong penggembira, atau bahkan manja.

Sumber: media.kompasiana.com

Pencarian Terkait:

Tags: #menarik #Pembelajaran

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "30 Paspor di Kelas Profesor : Pembelajaran Penuh Makna"

Must read×

Top